Lestarikan Situs Budaya di Barsel, Perlu Sentuhan dan Perhatian Berkelanjutan

Lestarikan Situs Budaya di Barsel, Perlu Sentuhan dan Perhatian Berkelanjutan

BUNTOK - Situs budaya merupakan sebuah peninggalan masa lalu yang memiliki nilai historis dan menjadi bagian kekayaan aset daerah. Pelestariannya perlu dilaksanakan agar keberadaannya tidak rusak atau hilang akibat lapuk dimakan usia. Pun dengan situs budaya yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah. 

Nurul Hikmah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel menyampaikan, pemerintah daerah perlu memberikan sentuhan dan perhatian berkelanjutan terhadap situs budaya, mengingat hal itu dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung dari luar Kabupaten.

"Perhatian dapat berbentuk pemugaran hingga perawatan. Meski tidak besar, setidaknya ada upaya menjaga yang dijalankan pemerintah,” kata Nurul Hikmah, Selasa (28/5/2024). 

Ia mengakui bahwa memang selalu ada usulan terkait perawatan situs budaya dalam gelaran pembahasan program dan anggaran setiap tahun.

Namun, kata dia, mengingat pemerintah tengah fokus pada penguatan pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, terkadang penanganan menjadi sedikit terpinggirkan.

Meski telah ada upaya perhatian melalui sumber pendanaan APBD provinsi dan APBN, pihaknya menilai masih ada beberapa yang tampaknya juga perlu diperhatikan lebih lanjut. Masih ditemukan adanya situs yang mengalami kondisi memprihatikan dan butuh penanganan berkelanjutan.

“Kita memahami kemampuan anggaran daerah yang masih terbatas. Tetapi pelestarian secara fisik dinilai perlu tetap dilaksanakan, supaya pelestarian dari sisi kultur budaya tetap hidup dan tidak tergerus modernisasi,” paparnya.

Meskipun masih banyak kebutuhan dan prioritas pembangunan di bidang sosial lainnya, Ia sangat berharap pemerintah melalui teknis terkait dapat memperhatikan hal itu. Kemudian meluangkan sedikit anggaran untuk mendukung realisasi program dimaksud.[tomi]
Lebih baru Lebih lama