Pemeritah Daerah harus Pastikan Setiap Anak Miliki Kesempatan Dapatkan Pendidikan

Pemeritah Daerah harus Pastikan Setiap Anak Miliki Kesempatan Dapatkan Pendidikan


BUNTOK - Setiap anak harus mendapatkan kesempatan yang sama dalam akses maupun fasilitas pendidikan. Untuk itu, pemerintah harus bisa memastikan setiap anak mendapatkan pendidikan yang layak. 

Pun di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah. Hal ini karena masih banyak anak putus sekolah di Barsel, bahkan yang kesulitan mengenyam pendidikan karena faktor jarak hingga ekonomi. 

"Maka dari itu, yang mengamanatkan penghormatan dan perealisasian hak anak sebagai bagian dari hak asasi manusia serta sebagai perwujudan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah atas penyelenggaraan perlindungan anak di daerah dalam rangka mendukung kebijakan nasional terhadap pemenuhan dan perlindungan anak,” jelas Anggota DPRD Barsel, Hermanes, Jumat (31/5/2024).

Menurutnya, bentuk dari kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah, di antaranya menyelenggarakan kabupaten layak anak. Di mana dalam penyelenggaraannya, wajib mengadopsi prinsip-prinsip pengembangan kabupaten layak anak.

"Nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, dan menghargai pandangan anak," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama