Pemkab Kapuas bersama Stakeholder terkait Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Pemkab Kapuas bersama Stakeholder terkait Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

PEMBINAAN kerukunan umat beragama, Badan Kesbangpol bersama stakeholder terkait, di Kapuas Barat.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemkab Kapuas melalui Badan Kesbangpol bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  dan stakeholder terkait lainnya melaksanakan pertemuan dalam rangka pembinaan kerukunan umat beragama, Selasa (21/5/2024) di aula Kantor Camat Kapuas Barat.

Acara ini dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Yunabut, Ketua FKUB KH Mukhtar Ruslan, Ketua LPTQ H.Suwarno Muriyat, Plh.Kepala Kemenag Poteran Susilo.

Kehadiran rombongan disambut Plt Camat Kapuas Barat, Riza Pahlevi didampingi Danramil, Kapolsek, Kepala KUA, Lurah, Kades, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Pembinaan sekaligus halalbihalal ini mengangkat tema "Silaturahim, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Perkuat Kebersamaan Sukseskan Pemilu Kepala Daerah yang Damai, Aman, Tenteram,".

Ketua FKUB Kapuas, KH Muchtar Ruslan mengatakan, kegitaan ini juga sebagai upaya dan peran masyarakat dalam rangka meningkatkan toleransi internal sesama agama, eksternal antar umat beragama dan umat beragama dengan pemerintah.

“Kerukunan umat beragama akan semakin meningkat jika kita memiliki sikap toleransi saling menghargai, menghormati, dan menerima perbedaan antara individu atau kelompok dalam hal keyakinan, pendapat, atau berbagai hal,” jelas Mukhtar. 

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Drs Yunabut dan Plh Kepala Kemenag, M.Poteran Susilo MA masing-masing menguraikan tugas dan fungsi lembaga yang dipimpinnya, terutama sebagai Dewan Pembina FKUB dalam membina dan membangun kerukunan umat beragama serta prosedur Pemerintah Kecamatan dalam pembangunan rumah ibadah.

Sebelumnya, Plt. Camat Kapuas Barat, Riza Pahlevi didampingi Kapolsek, Danramil dan Kepala KUA setempat mengucapkan terima kasihnya atas kunjungan ini sebagai ajang silaturahim guna sebagai salahsatu upaya untuk meningkatkan kerukunan hidup beragama, dan bermasyarakat. 

Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Al Qur’an (LPTQ), Dr H Suwarno Muriyat yang juga Wakil Ketua FKUB selain menjelaskan, persatuan dan kesatuan dalam keberagaman suku, agama dan keturunan juga menginformasikan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2025.

“Bapak Bupati Kapuas telah menetapkan Kecamatan Kapuas Barat sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Kapuas. Kami akan sering kesini untuk berkoordinasi dengan Bapak/Ibu, mohon dukungan dan kerjasamanya," pintanya.

"Setidaknya ada tiga kesuksesan yang kami harapkan, pertama sukses syiar dan pelaksanaan, sukses mengali potensi dan prestasi serta sukses melaporkan dan mempersiapkan kafilah ke event lebih tinggi,” jelas H Suwarno Muriyat yang juga adalah Kadisarpustaka Kapuas.[surya/adv]

Lebih baru Lebih lama