UPR Dinas PUPRPKP Kapuas Pemeliharaan sejumlah Ruas Jalan

UPR Dinas PUPRPKP Kapuas Pemeliharaan sejumlah Ruas Jalan

TIM UPR Dinas PUPRPKP Kapuas melakukan perawatan jalan yang rusak di Jalan Anggrek Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPUPRPKPP) Kabupaten Kapuas pada Bidang Bina Marga melaksanakan pemeliharan rutin sejumlah ruas jalan di wilayah setempat oleh tim Unit Pemeliharaan Rutin (UPR). Pemeliharaan salah satunya dilakukan pada ruas Jalan Anggrek, Selasa 28 Mei 2024.

Teknisi Survey Lalu Lintas Jalan pada Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kapuas, Raymond mengatakan, pemeliharaan rutin jalan ini adalah kegiatan merawat dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ruas-ruas jalan yang bertujuan mempertahankan kondisi jalan.

Kegiatan UPR ini sebagai upaya menjaga kualitas jalan demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat sehingga masyarakat bisa merasakan perhatian dan aksi cepat tanggap dari Dinas PUPRPKPP.  

"Tahapan pekerjaan saat ini sudah ditahap pengerjaan fisik di beberapa ruas jalan, pengerjaan untuk ruas jalan itu sudah dilaksanakan sejak Januari lalu. Ada juga mobilisasi alat dan persiapan pengerjaan untuk ruas jalan lainnya," ungkap Raymond, Senin (3/6/2024).

Jenis pemeliharaan rutin yang sekarang dikerjakan untuk ruas Jalan Anggrek ini lanjutnya adalah perawatan lapis permukaan seperti pengurasan air, penambalan lubang dan pelaburan aspal.

Musim hujan yang selama ini menyebabkan air mengenangi badan jalan yang berlubang sehingga mengganggu para pengguna jalan.

"Kita tidak ingin kalau kerusakan yang terjadi ada kesan dibiarkan, maka dengan peran kesadaran masyarakat bisa langsung melaporkan kerusakan jalan agar tidak ketahap lebih parah bisa kita cegah bersama  dan juga pemeliharaan rutin bagian jalan yang rusak bisa ditangani dengan segera,” katanya. 

Ia menambahkan, ada beberapa ruas jalan yang dilakukan penimbunan, pengaspalan, dan pengendalian tanaman. Jadi pengerjaan ini sesuai kebutuhan. 

"Pengerjaan rata-rata kita lakukan dengan membagi pekerja menjadi beberapa tim sehingga bisa dilakukan secara bersamaan dibeberapa titik lokasi," bebernya.

“Tak hanya pengerjaan pada ruas Jalan Anggrek sebelumnya Tim UPR Bina Marga juga melakukan pemeliharaan rutin di sejumlah ruas jalan seperti Jalan Duta Pembangunan, Jalan Maluku, Jalan Pemuda, Jalan Jawa, Jalan Melati, Jalan Sulawesi, dan Jalan Kapuas-Mandomai,” jelasnya.[surya]

Lebih baru Lebih lama