Di Tengah Covid-19, PWMP Cacidari Kementan Tetap Produktif

Di Tengah Covid-19, PWMP Cacidari Kementan Tetap Produktif

BANJARBARU - Di tengah wabah Corona Virus Disease atau Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, tidak lantas membuat pertanian harus ikut melemah. 

Hal tersebut seiring dengan kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan) agar sektor pertanian harus tetap berjalan untuk mendukung kebutuhan pangan kepada masyarakat Indonesia.

Salah satu sektor pertanian yang harus tetap berjalan adalah program bagi petani milenial, yaitu Penumbuhan Wirausahawan Muda Bidang Pertanian (PWMP). 

Hal itu diungkap oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), bahwa ia meyakini usaha dan kredibilitas generasi muda di bidang pertanian semakin berkembang, serta banyaknya petani milenial yang kini telah menjadi pengusaha sektor pertanian dan mengembangkan usahanya dari hulu hingga hilir.

Program di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan yang dikomandoi Kepala Badan, Dedi Nursyamsi ini, diharapkan tetap produktif dan melakukan aktifitas seperti biasa.

"Tujuan PWMP ini untuk menarik minat pemuda, mahasiswa dan sarjana mendukung pembangunan sektor pertanian,” jelas Dedi.

Salah satu kelompok PWMP Kementan ini ada di SMK-PP Negeri Banjarbaru, yaitu kelompok PWMP Cacidari. Mereka merupakan kelompok yang terdiri dari siswa kelas XI TP. 2019/2020. 

Mereka bergerak dalam usaha Kripik Pisang dan Jamur Tiram kelompok Cacidari PWMP SMKPP N Banjarbaru Tahun 2019.

Walau di tengah pendemi Covid-19 dan diminta untuk belajar di rumah secara online, mereka  tidak menyurutkan semangat dan motivasi kelompok Cacidari untuk tetap menjalankan usaha dan bisnis mereka, Sabtu (18/4/2020).

Kelompok penerima bantuan PWMP Kementan Tahun 2019 SMKPP Negeri Banjarbaru ini tetap mendapatkan permintaan produk mereka, bahkan justru permintaan pelanggan semakin meningkat, yang dalam sehari mereka bisa membikin 50 bungkus produk.

Dimotori oleh guru SMK-PP Negeri Banjarbaru, Patmawati sebagai pembimbing, ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi usaha mereka dan diharapkan usahanya terus berjalan dan terus berkembang.

Patmawati berharap usaha ini bisa terus maju dan dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat ditengah kondisi pandemi COVID-19 dan perekonomian melemah serta "tetap di rumah saja". 

"Maju terus PWMP SMKPP Negeri Banjarbaru maju terus PWMP Indonesia," ujarnya.[willy]
Lebih baru Lebih lama