Dibayangi Covid-19, Petani Ketapang Penuhi Kebutuhan Sayuran

Dibayangi Covid-19, Petani Ketapang Penuhi Kebutuhan Sayuran

SAMPIT - Dua Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Ketapang, Kabupaten KotaWaringin Timur Kalimantan Tengah, yakni Poktan Karya Indah diketuai Mohammad Taufik dan Poktan Teratai Raya dengan ketuanya Muhammad Suhri  melakukan panen beragam sayuran yang mereka tanam.

Yulin Hernawati SP, Penyuluh Pertanian Wilayah Kerja Kecamatan Ketapang, Selasa (28/4/2020) mengatakan, ragam sayuran yang dipanen kali ini terdiri dari Cabai, Sawi dan juga Kangkung. Hasil panen ini kemudian dijual kepada warga sekitar.

"Ada juga yang dijual ke pasar tradisional. Banyaknya hasil panen yang didapat membuat Penyuluh bangga," tuturnya.

Mereka dinilai memiliki semangat dan kemandirian yang sangat baik dalam bercocok tanam. Selaku Penyuluh di BPP Pelangsian, selalu mendorong dan mengimbau warga untuk melakukan kegiatan pertanian.

"Karena ini merupakan salah satu sektor yang penting di saat pandemi Covid-19 saat ini,” ucap Yulin.

Yulin menambahkan, dengan memakan makanan yang banyak mengandung anti oksidan, seperti sayur, buah dan yang lainnya akan bisa melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.  

Selain itu, untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh diperlukan asupan gizi yang mencukupi. Banyar sumber makanan seperti sayuran yang dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh seperti sawi, kangkung dan juga cabai.

Hal ini sejalan dengan ajakan Menteri Pertanian (Mentan) Dr Syahrul Yasin Limpo SH MH (SYL) untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dari infeksi Covid-19 dengan memakan makanan yang bergizi yang dapat menjaga dan meningkatkan imun tubuh. 

Serupa juga diungkapkan Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi M.Agr selaku Kepala BPPSDMP, di mana sektor pertanian adalah salah satu sektor terpenting dalam kehidupan. 

"Maka dari itu sektor pertanian tidak boleh berhenti walaupun negara dalam kondisi darurat Covid-19," imbuhnya.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama