Support Kostratani, Kepala Distan Kotabaru Kunjungi Poktan Kelumpang Hilir

KOTABARU - Untuk menjaga ketersediaan dan menciptakan ketahanan pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menggenjot ketersediaan pangan. 

Didasari itu, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotabaru meninjau lokasi usulan cetak sawah baru yang berlokasi di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Kamis (28/5/2020)

Hal ini selaras dengan Arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk terus menjaga ketersediaan dan  ketahanan pangan Indonesia.

Berkenaan dengan hal tersebut Kepala Distan Kotabaru, Ir Hairuddin M.Si beserta jajarannya melakukan peninjauan lokasi rencana usulan perluasan cetak sawah di Desa Langadai, serta mengunjungi lokasi peternakan sapi perah dan ayam di Desa Tegal Rejo

Hairuddin mengatakan, luas tanam padi yang ada 50 hektare dan akan membuka lahan baru seluas 20 hektare.

Hairuddin berjanji mengusahakan kelengkapan sarana prasarana di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kelumpang Hilir untuk mewujudkan Konstratani, sehingga Penyuluh Pertanian tetap semangat dalam membina kelompok tani di wilayah binaan BBP Kelumpang Hilir.

"Lokasi pasar hewan yang berdampingan dengan obyek wisata goa lowo akan kami upayakan sebagai obyek wisata peternakan dan mendukung wisata goa lowo yang nantinya akan menjadikan Pendapatan Asli Daerah untuk Desa," ujar Hairuddin.

Dalam kunjungannya beliau juga menyinggahi Kelompok Tani (Poktan) Merdeka Indah diketuai H. Amirudin di Desa Langadai.

"Peternakan sapi perah jumlah ada 5 ekor dan yang produktif 2 ekor dari hasil susu perahan 1 hari bisa 12 Liter," terang Koordinator BPP Clara Novianto.

Tampak hadir dalam kegiatan kunjungan Kepala Bidang Peternakan Distan Kotabaru, Camat Kelumpang Hilir Johanudin S.Pd MM.[advertorial]

Posting Komentar

0 Komentar