Tim Dosen Fakultas Kehutanan ULM Gelar Pengabdian Masyarakat

BANJARMASIN - Beberapa Tim Dosen Fakultas Kehutanan kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di beberapa tempat.  

Penyuluhan dan pelatihan teknik Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dengan pembuatan kompos blok yang berbahan dasar hijauan di ladang serta kotoran ternak sapi yang jumlahnya melimpah di Desa Tiwingan Lama. 

Pengabdian ini diketuai oleh Syamani S.Hut M.Sc dan Dr Ir Daniel Itta MS.  

Dijelaskan Syamani, pihaknya memilih penyuluhan dan pelatihan teknik PLTB dengan pembuatan kompos blok, karena kompos blok adalah suatu produk inovasi yang nantinya bisa menggantikan kompos biasa yang terkadang dalam pembuatan dan penggunaannya masih sangat terbatas dan kurang efektif.  

"Kompos ini terbuat dari limbah hijauan yang ada di ladang dan limbah kotoran ternak," jelasnya.

Dilanjutkannya, kelebihan kompos blok dari sisi waktu dan penggunaannya diharapkan dapat meniadakan aktivitas peladang membakar ladang ketika akan membuka ladangnya sehingga beralih dengan teknik membuka ladang dengan pengolahan kompos blok.

Sementara di Kampung Sayur Landasan Ulin, tim Fakultas Kehutanan ULM yang diketuai oleh Susilawati S.Hut MP dan Ir Normela R MP juga melaksanakan pelatihan tentang divesifikasi produk pangan bergizi berbahan dasar daging ayam dan sayur. 

"Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan diversifikasi olahan pangan berbahan sayuran dan pengolahan, pengemasan bakso ayam dan snack yang higienis, pemasaran online sehingga sayuran yang dipanen tetap termanfaatkan, usaha penjualan snack tetap dapat berjalan dengan lancar," jelas Susilawati.

Dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani di Kampung Sayur. Kegiatan pengabdian yang dibiayai oleh dana PNBP Universitas Lambung Mangkurat tersebut diharapkan mampu membantu ekonomi masyarakat di masa pendemi Covid-19.[iqbal/rilis]

Posting Komentar

0 Komentar