Jago Merah Mengamuk, Ratusan Rumah di Kotabaru Hangus Terbakar

KOTABARU - Saat terlelap tidur, ribuan warga Kelurahan Kotabaru Tengah terbangun lantaran dikejutkan amukan si Jago Merah. Musibah kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah warga di Jalan Patmaraga, Jumat (30/10/2020) dini hari itu terjadi sekitar pukul 01.30 Wita.

Api ditengarai berasal dari salah satu rumah warga yang ditinggal penghuninya, hingga kebakaran meluas dan dengan cepat menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu maupun beton.

Sejumlah mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) baik dari pemerintah maupun swasta serta dibantu warga setempat berusaha memadamkan kobaran api.

Petugas sempat dibuat kewalahan memadamkan kobaran api, lantaran gang yang dimasuki begitu sempit.

Salah satu warga, Hj Nurul mengatakan, saat terjadinya kebakaran Ia bersama keluarga masih terlelap tidur. Begitu mendengar bunyi lonceng, baru bergegas keluar rumah untuk melihat ternyata api sudah membesar.

“Waktu itu kami sedang tertidur pulas, tiba-tiba terdengar suara orang memukul lonceng dengan keras, sehingga kami terbangun untuk melihat keluar rumah dan ternyata ada kebakaran," terangnya.

Untuk sementara, penyebab terjadinya musibah kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Korban kebakaran diperkirakan sekira 140 KK atau 415 jiwa. Beruntung, bencana kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa, kendati kerugian materil diperkirakan sekitar Rp200 juta.[zainuddin]