Tambah Wawasan di Masa Pandemi, Legislator Banjarmasin Kunker Lagi

BANJARMASIN - Semangat kunjungan kerja (kunker) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, tampak tak pernah kendor. Pasalnya, meski masih di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap melakukan kunker ke luar daerah.

Membuka wawasan untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan, menjadi dalih untuk melaksanakan agenda kunker para legislator terhormat ini. Kunker di tengah situasi pandemi Covid-19 ini sendiri disebut sudah merupakan hasil rapat.

Kepala Sub Bagian Alat Kelengkapan Dewan Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, Dedy Friady mengatakan, kunker masing-masing komisi itu sudah merupakan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Banjarmasin. 

"Ini untuk menjalankan fungsi pengawasan, terhadap pemerintahan sehingga menjadi optimal," terangnya.

Seperti kunker atau studi banding Komisi I DPRD Kota Banjarmasin ke DPRD Kabupaten Sleman dan DPRD Kota Yogyakarta, di mana kunker ini berkaitan dengan pelaksana tugas dan fungsinya, terutama di bidang hukum dan pemerintahan. 

Komisi II ke BPKAD Kabupaten Katingan dan Dinas Pariwisata, Kebudayan, Kepemudaan dan Olah Raga Kota Palangka Raya. Kunker ini disebut berkaitan dengan peran DPRD dalam menyikapi penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya di masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, ke DPRD Kabupaten Sidoarjo dan DPRD Kota Surabaya yang berkaitan dengan penentuan kebijakan dan prioritas program kerja, sesuai dengan kewenangannya di bidang pembangunan.

Terakhir Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), berkaitan  kewenangannya terutama dalam hal permasalahan kesehatan masyarakat.

“Hasil dari kunker yang dilaksanakan komisi masing-masing itu, mereka mengaplikasikan di mitra kerjanya, sehingga meningkatkan kapasitas dan kualitas pengawasan,” jelasnya kepada wartawan saat dihubungi via telpon selulernya. Selasa (13/10/2020).

Lebih jauh dijelaskan Dedy, kunker para legislator ini untuk meningkatkan tugas di bidangnya masing-masing, mulai pembangunan, perekonomian, kesejahteraan dan pendidikan, dengan materi pengawasan pelaksanaan program kerja pemerintah kota.  

Dengan tingginya intensitas kunker itu, tentunya untuk memperkuat wawasan dalam menjalankan fungsi pengawasan mereka, khususnya wakil rakyat yang duduk di parlemen ini.

“Memang tujuan kunker para wakil rakyat, untuk membuka wawasan dan membawa perubahan bagi masyarakat Kota Banjarmasin ke depan,” tutunya.[toso]

Posting Komentar

0 Komentar