Hore, Puskesmas Sungai Andai segera Dibangun 2021

BANJARMASIN – Jika tak ada aral, rencana pembangunan Puskesmas Induk di Kelurahan Sungai Andai yang sempat tertunda beberapa tahun segera terealisasi 2021 mendatang. 

Dalam pembahasan KUA-PPAS tahun anggaran 2021, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin bersama tim anggaran Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin sepakat menganggarkan dan melakukan pembahasan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Hari Kartono  mengungkapkan, sebagai anggota komisi yang membidangi kesehatan, jajaran Komisi IV titip ke Banggar untuk dimasukan dan mengawal dana pembanguna Puskesmas itu.

Karena, lanjutnya, pada angaran 2020 lalu, terjadi pembatalan akibat pihak Dinkes tidak memasukan ke DPA 2020. Tentunya sangat menyesalkan dan sedikit kecewa lantaran rencana pembangunan Puskesmas Sungai Andai, tidak dimasukkan kedalam DPA 2020.

“Untuk anggaran 2021 pihaknya minta Dinkes dan Banggar DPRD Kota Banjarmasin dapat memasukan ke dalam DPA, sehingga pembangunan Puskemas Sungai Andai dapat dikerjakan dan ini akan saya kawal,” janji Politisi Partai Gerindra ini, Jumat (6/11/2020) lalu.

Hari menambahkan, untuk anggaran yang disiapkan dalam pembangunan Puskesmas itu, sebelumnya sebesar Rp20 miliar, di mana nantinya menjadi standar rujukan pasien BPJS.

Untuk lahan sendiri disebutkan tidak ada masalah, mengingat beberapa tahun lalu pihak pengembang sudah menyediakan lahan untuk Puskesmas Induk yang cukup luas, tepatnya di Jalan Bawang Raya, Kelurahan Sungai Andai. 

“Sebagai wakil rakyat Dapil Banjarmasin Utara mengawal terus, sampai terbangunya Puskesmas Induk di kelurahan Sungai Andai,” tuturnya. 

Untuk diketahui, setiap Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Sungai Andai, warga selalu mengusulkan dengan skala prioritas pembangunan Puskesmas. Artinya warga sungai andai sangat besar harapan untuk Puskesmas itu.

Karena pelayanan kesehatan di daerah itu dinilai tidak maksimal, disebabkan masih berdiri Puskesmas pembantu. Sedangkan penduduknya setiap tahun bertambah. Sekarang jumlah Kelurahan Sungai Andai sudah mencapai 20.000 jiwa.

“Kelurahan Sungai Andai sudah saatnya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, seperti Puskesmas Induk, sehingga pelayanan kesehatan warganya bisa optimal,” pungkasnya.[toso]