Jelang Pilkada, Pjs Bupati Kotabaru Pastikan Kesiapan Pengamanan

KOTABARU - Apel pergeseran personel pengamanan TPS Pilkada digelar halaman Siring Laut Kotabaru, Senin (30/11/2020). Bertindak selaku inspektur Pjs Bupati Kotabaru, Muhammad Syarifuddin M.Pd. 

Apel dihadiri Kapolres Kotabaru, Danlanal, Kasdim 1004/Ktb, Sekda serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan, apel ini digelar untuk pengamanan seluruh proses Pilkada baik saat pemungutan suara, perhitungan suara maupun saat pengiriman kotak suara.

Menurutnya, apel ini momentum yang baik bagi semua komponen keamanan, mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin ada. 

Apalagi pesta demokrasi sudah di depan mata, deteksi dini untuk meredam konflik harus lebih awal dipersiapkan terlebih bagi jajaran keamanan.

Ia mengatakan, potensi kerawanan mungkin saja muncur dan menjadi gangguan nyata, oleh karena itu seluruh personel harus peka dan tanggap terhadap gejala-gejala yang muncul serta harus segera mengambil langkah yang cepat, tepat dan propesional dalam pengamanannya.

Jumlah TPS pada Pilkada kali ini berjumlah 892 buah, terdiri dari personel PAM TPS Polres sebanyak 275 orang, personel BKO Polda PAM TPS sebanyak 60 orang, personel BKO Brimob sebanyak 60 orang dan anggota TNI sebanyak 148 orang.

TNI Polri merupakan ujung tombak dalam pengendalian keamanan dan ketenteraman Pilkada, sehingga dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan koordinasi dan komunikasi demi suksesnya pelaksanaan, terlebih dalam mengatasi adanya kendala yang akan dihadapi.

“Saya berharap kepada jajaran TNI/Polri agar senantiasa meningkatkan sinergitas dengan para pemangku kepentingan terkait dan penerapan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan demi kesuksesan pelaksanaan Pilkada,” tuturnya.

Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini tentunya sangat berbeda dibandingkan sebelumnya karena kita tengah dilanda pandemi Covid-19, sehingga selain melakukan pengamanan juga harus senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat pemilih diimbau agar wajib mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya kluster Pilkada di Kabupaten Kotabaru dan kita semua harus patuh dengan prokes guna memutus mata rantai Covid-19.

“Jadi harapan kita bersama semoga Pilkada tahun 2020 ini berjalan dengan lancar, aman, damai dan berkualitas semua ini demi kemajuan Kabupaten Kotabaru,” pungkasnya.[zainuddin]