Melirik Strategi Sang Petahana Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi

Melirik Strategi Sang Petahana Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi

BANJARMASIN - Menyongsong kenormalan baru (New Normal), tentunya harus disertai dengan strategi yang terdepan agar mampu memulihkan perekonomian Kota Banjarmasin. 

Perlu diketahui Kota Banjarmasin juga dikenal sebagai Kota Seribu Sungai, yang mana pemulihan perekonomian pariwisata berbasis sungai perlu diperhatikan. 

Menyikapi hal tersebut, calon Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina sudah memiliki strategi yang mutakhir untuk kemajuan perekonomian pariwisata berbasis sungai. 

Hal itu terkuak saat sang Petahana bersilaturahmi bersama dengan para anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Selasa (3/11/2020). 

"Silaturahmi ini dalam rangka sharing terkait dengan perkembangan Kota Banjarmasin seperti pada industri pariwisata dan perhotelan," ucapnya.

Menurut Ibnu, kebijakan yang dilakukan pemerintah selama ini sudah sejalan, yaitu menjadikan Banjarmasin sebagai kota berbasis sungai dengan meningkatkan perkembangan pariwisata didalamnya. 

Sebagaimana diketahui, kota Banjarmasin dikenal sebagai Kota perdagangan dan jasa. Oleh karena itu guna meningkatkan perekonomian, pemerintah perlu memfokuskan perhatian kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kita ingin kolaborasi antara Pelaku Bisnis (Business) dan Pemerintah (Government) bisa saling bekerjasama karena kepentingan yang dimiliki juga sama," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Banua Hotel Leader Communiti (BHLC) Kalsel, Devy Antonius Malo mengatakan, kota Banjarmasin memiliki banyak objek-objek yang sangat mempuni untuk dikembangkan.

Menurutnya, pemerintah kota dibawah kepemimpinan Ibnu Sina telah melakukan pengelolaan yang baik terhadap pariwisata di Banjarmasin. 

"Kami berharap sektor pariwisata dapat dimaksimalkan lagi, karena banyak peluang-peluang yang bagus bisa diolah dengan keseriusan pemerintah kota," harapnya. 

Lanjutnya, sifat warga Kota Seribu Sungai yang dominan konsumtif dapat pemerintah arahkan untuk berwisata di daerah sendiri sembari membantu meningkatkan UMKM.

"Intinya apa yang dibuat untuk perkembangan pariwisata kedepan kami siap membantu," ucapnya.

Apalagi sambungnya, Paslon nomor urut 2 ini tinggal melanjutkan program Baiman yang telah dicapai pada periode sebelumnya. 

"Kan tinggal melanjutkan, menata kembali untuk infrastruktur yang lebih baik," katanya.

Selain itu, dukungan juga disampaikan oleh Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Kota Banjarmasin, Budi Salim setelah mendengarkan Visi Misi Ibnu Sina-Arifin. Dirinya pun mendukung penuh upaya meningkatkan pariwisata di Banjarmasin. 

"Kita menyambut baik perekonomian bisa maju lagi," singkatnya.[rilis]
Lebih baru Lebih lama