Dihantam Angin, Pohon Hutan Kota Ini Tumbang

KUALA KAPUAS - Dua batang pohon peneduh di area hutan taman kota di Kawasan Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas tumbang, robohnya pohon jenis sengon tersebut pada saat ada terpaan angin kencang disertai hujan. 

Beruntung dalam peristiwa robohnya pohon hutan kota itu tidak ada korban jiwa, peristiwa tersebut terjadi sekira jam 13.55 WIB, Kamis (17/12/2020).

Pasca robohnya pohon tersebut petugas bidang pertamanan dan kebersihan (PK) Dinas PUPRPK dan BPBD Kapuas serta relawan Balakar545 Kapuas langsung mengamankan lokasi dan melakukan pembersihan batang pohon yang tumbang.

"Iya mas tadi kami terima informasi robohnya pohon itu dan tim sudah di lokasi membersihkan," kata Sulis, Kabid PK Dinas PUPRPKP Kapuas.

Pantauan media ini di lokasi petugas membersihkan ranting dan menggergaji batang pohon yang roboh.

"Pohon ini berdiameter sekitar sekitar 50 centimeter dan panjang sekitar 12 meter," kata salah satu petugas.

Robohnya pohon sengon itu juga sempat menggangu arus lalu lintas beberapa saat, namun setelah dilakukan pembersihan lalu lintas di  kawasan jalan protokol itu kembali normal.

Dua pohon yang tumbang  tersebut merupakan bagian hutan kota Kapuas yang merupakan kawasan ruang terbuka hijau, usia pertumbuhan pohon di lokasi itu diperkirakan mencapai 15 sampai 16 tahun.[zulkifli]