Efek Cuaca Ekstrem, 3 Rumah Dihantam Puting Beliung

KUALA KAPUAS - Bencana angin puting beliung akibat cuaca ekstrem melanda beberapa kawasan di wilayah Kabupaten Kapuas, mengakibatkan kerusakan pada rumah warga.

Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD  Kabupaten Kapuas, pekan ini dilaporkan terjadi bencana puting beliung di tiga titik lokasi berbeda di wilayah tersebut.

"Sabtu, 19 Desember 2020 sekitar pukul 14.30 WIB terjadi angin puting beliung di Desa Sei Pitung RT 001 Kecamatan Kapuas Barat, akibat kejadian itu satu unit rumah yang berada di bantaran sungai mengalami kerusakan," kata Kalaksa BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin (22/12/2020).

Pada hari yang sama bencana angin puting beliung  juga terjadi di Desa Penda Ketapi RT 002, Kecamatan Kapuas Barat, 1 unit rumah dilaporkan mengalami rusak berat dalam kejadian itu.

Sabtu, 19 Desember 2020, jam 17.00 WIB dilaporkan hantaman angin puting beliung juga merusak 1 rumah di Desa Manggala Permai Kecamatan Kapuas Murung.

Dari kejadian di tiga lokasi tersebut 11 kepala keluarga dengan 42 jiwa terdampak.

"BPBD dan Dinsos Kapuas sudah berkoordinasi dengan OPD terkait lainnya serta menyiapkan bantuan untuk korban terdampak," pungkasnya.[zulkifli]