Pastikan Kondisi Pencoblosan Aman, TNI Polri Pantau Pilkada Kalteng

PALANGKA RAYA - Untuk mengetahui secara langsung perkembangan situasi yang ada di lapangan, Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau beberapa lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Kalteng di Kota Palangka Raya dan sekitarnya, Rabu (9/12/2020).

Pemantauan langsung ini dihadiri  Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, para PJU Kodam XII/ TPR, Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg serta Dandim 1016/Plk. 

Rombongan berpatroli bersama untuk meyakinkan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe S.Sos yang ikut dalam rombongan menjelaskan, kedatangan Pangdam beserta rombongan adalah untuk memantau secara langsung situasi yang ada di lapangan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada petugas TPS serta masyarakat yang sedang menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin daerah 5 tahun ke depan," jelasnya kepada awak media.

Kapendam juga menyampaikan,  selain meninjau pelaksanaan pemungutan suara, kegiatan ini juga untuk meyakinkan pelaksanaan Pilkada serentak dilaksanakan dengan mempedomani dan menegakan protokol kesehatan.

"Semua pihak tidak menginginkan pelaksanaan pesta demokrasi ini menjadi kluster baru kasus Covid-19. Untuk itu dalam pelaksanaanya juga perlu dilakukan pengawasan," ungkapnya

Ia menjelaskan, rute yang dipantau meliputi TPS di jalur jalan RTA Milono, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut dan TPS jalur jalan Yogyakarta, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya.

"Dari hasil pantauan di lapangan, pelaksanaan pemungutan suara berlangsung aman, lancar dan kondusif," tutur Aulia.

Ia mengungkapkan, selain melaksanakan pemantauan langsung di lapangan, Pangdam juga melakukan monitoring pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kodam XII TPR.

Untuk di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Pilkada Serentak dilaksanakan di tujuh kabupaten. Di antaranya Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, Sekadau, Bengkayang, Melawi, Sintang dan Kabupaten Sambas.

"Sedangkan untuk di Provinsi Kalteng seluruh Kabupten dan Kota melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Terdapat satu kabupaten yang melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur," tutup pria dengan melati tiga di pundak.[agus]