Pemkab Kapuas Bangun Laboratorium Biosafety

Pemkab Kapuas Bangun Laboratorium Biosafety

KUALA KAPUAS - Guna percepatan penanganan, mempercepat pendeteksian corona virus disease (Covid-19) melalui metode polymerase chain reaction (PCR), Pemerintah Kabupaten Kapuas membangun Laboratorium Biosafety Level (BSL 2) di kawasan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas melalui Kabid Pelayanan Medik dr Jumatil Fajar mengatakan, keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19. 

"Tujuan dari pembangunan ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas," kata dr Jumatil, Selasa (8/12/2020).

Selama ini, menurutnya akibat terbatasnya laboratorium pengujian di daerah menyebabkan lamanya pengujian spesimen dari suspek Covid-19.

Hal itu dikarenakan waktu yang dibutuhkan daerah untuk mengirimkan spesimen dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain.

"RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas berusaha selalu untuk meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan secara maksimal, terutama bagi yang berdomisili di daerah Kabupaten Kapuas," tukasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama