Pilar Demokrasi, Media Massa Punya Peran Penting Sukseskan Pilkada 2020

KUALA KAPUAS - Peran pers sebagai salah satu pilar dalam demokrasi memiliki peran dan andil dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak, khususnya dalam Pemillihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020 ini.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kapuas, Ahmad Suhaili saat menjadi pemateri dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan partisipatif, yang diselenggarakan Bawaslu Kapuas di Gedung Gandang Garantung, Kuala Kapuas, Jumat (4/12/2020).

“Media dan pers memiliki peranan penting dalam Peliputan Pilkada serentak, karena setiap tahapan tidak terlepas dari pemberitaan dan sosialisasi Pemilu yang terus dilakukan oleh pers, sehingga proses demokrasi dapat dikawal secara bersama,” papar Suhaili.

Ia juga menjelaskan bahwa independensi dan transparansi media menjadi modal tersendiri, karena itu menjadi marwah pers selama ini. 

“Pers agar menjaga independensi dan keterbukaan informasi sangat penting, maka peran pers dalam pemberitaan selama tahapan Pilkada serentak 2020 menjadi salah satu faktor penting dalam demokrasi," terang Suhaili.

Sehingga, lanjutnya, pentingnya objektivitas, independensi dan transparansi serta profesional dalam penyampauan informasi penting terkait Pilkada.

Untuk itu, diharapkan insan pers terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan penyenggara Pemilu agar dapat menyampaikan informasi-informasi yang edukatif dan bermanfaat khususnya dalam hal kepemiluan.[zulkifli]