Dukung Korporasi Petani, BBPP Binuang Gelar Pelatihan

RANTAU - Dalam rangka mendukung program pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang (BBPP) Binuang menggelar pelatihan tematik berbasis korporasi.

Pelatihan dengan tema Pemasaran Hasil Hortikultura di Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah ini dilaksanakan selama 3 hari, dari 1 hingga 3 Desember 2020 di ruang pertemuan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Basarang.

Tak kurang 25 peserta mengikuti pelatihan ini. Mereka merupakan calon petani yang akan menerima program pengembangan tanaman jeruk di kawasan Food Estate dan berasal dari Petani Hortikultura yang tergabung di Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani di wilayah Kecamatan Basarang.

Basni S.Pt, Kordinator BPP Basarang dalam sambutannya menyatakan, peserta yang hadir merupakan petani pilihan yang berasal dari desa pengembangan food estate untuk hortikultura. 

Ia juga menambahkan, pelatihan yang diadakan ini merupakan bentuk persiapan bagi para petani yang akan menanam jeruk dalam kegiatan Food Estate untuk semakin termotivasi dan semakin sadar akan potensi besar produk hortikultura terutama jeruk.

Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si selaku Kepala BBPP Binuang mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari BBPP Binuang dalam program Food Estate dalam bentuk pelatihan yang diadakan di wilayah BPP Basarang.

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam pemasaran," tuturnya.

Yulia juga menambahkan pentingnya grading, sortasi dan pengolahan supaya produk yang dihasilkan petani memiliki nilai tambah dan bisa dipasarkan lebih luas.

Sementara itu, salah satu perawakilan peserta pelatihan, Mansyah dari Kelompok Tani Sidodadi II, Desa Bungai Jaya mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini.

Ia bertekad akan mencoba mempraktikkan ilmu pemasaran yang telah diberikan, karena sebagai petani sangat memerlukan juga kemampuan pemasaran dan berharap ada pelatihan-pelatihan yang lain dari BBPP Binuang.[advertorial]