Bersama Kesbangpol, KPU Balangan Simulasi Pemungutan Suara

PARINGIN, MK - Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) bersama KPU Balangan menggelar simulasi tata cara pencoblosan dan penghitungan surat suara sesuai protokol kesehatan di Aula Serbaguna Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Jumat (4/12/2020).

Dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan terdapat  sebanyak 333 TPS, dan untuk simulasi tata cara pencoblosan dan penghitungan surat suara dibagi dua sisi dalam dua hari kegiatan di tiap Kecamatan masing-masing.

"Kegiatan dilaksanakan hari Jumat dan Sabtu. Untuk setiap hari ada 4 Kecamatan yang dibagi 2 sisi pagi dan siang, dan hanya diwakili 1 orang Ketua KPPS saja," tutur Lukman Nolhakmi, Kepala Kesbangpol Balangan.

Dijelaskan Lukman, untuk hari ini pagi yang melaksanakan simulasi pemilu yakni Kecamatan Paringin dan Lampihong, dan selanjutnya siang nanti Kecamatan Tebing Tinggi dan Awayan .

Selanjutnya pada Sabtu besok ada 4 Kecamatan sisanya, yaitu  Kecamatan Paringin Selatan, Batumandi, Juai dan Halong.

"Melalui simulasi tata cara pencoblosan dan penghitungan surat suara sesuai protokol kesehatan Covid-19, para KPPS diharapkan bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai yang diharapkan," katanya.

Semantara itu, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Balangan, Khairir Rifhani mengungkapkan, untuk pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS tidak jauh beda dengan bisanya hanya saja disertai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Misalnya seperti linmas bertugas mengatur orang yang akan mengantri ke TPS dengan menjaga jarak 1 meter. Selain harus memakai masker pemilih juga diarahkan mencuci tangan, memakai sarung tangan dan diperiksa suhu tubuh sebelum memilih," terang Khairir.

Ia berharap dari kegiatan simulasi tata cara pencoblosan dan penghitungan surat suara  yang digelar untuk KPPS, bisa dipahami dan dimengerti sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik di TPS nantinya.[agus]