Support Kostratani, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik Kaji Terap

KUALA KAPUAS - Dalam rangka mendukung program Kostratani mewujudkan peran BPP agar dapat menjadi pusat pembelajaran, BBPP Binuang gelar pelatihan tematik kaji terap di BPP Kapuas Murung, Kalimantan Tengah.

Pelatihan Tematik Kaji Terap diikuti 30 penyuluh pertanian dari 11 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di Kabupaten Kapuas. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, 10 hingga 12 Desember 2020.

Materi yang dilatihkan meliputi Penyusunan Proposal dan Laporan Kaji Terap, dan Metodologi Kaji Terap. Sedangkan Fasilitator dan Narasumber yang menyampaikan materi pelatihan tersebut berasal dari BBPP Binuang, Dinas Pertanian (Distan) Kapuas dan BPTP Kalimantan Tengah.

Mewakili Distan Kapuas, Kepala BPP Kapuas Murung Purwadi, SP membuka secara resmi pelatihan ini. Dalam sambutannya, Ia mengharapkan seluruh peserta memanfaatkan kesempatan yang langka ini dengan mengikuti kegiatan secara serius. 

“Dengan kaji terap penyuluh dapat mengujicoba inovasi teknologi yang sudah dihasilkan oleh lembaga penelitian, apakah sesuai diterapkan di lokasinya. Selain itu, hasil kaji terap dapat menjadi bahan penulisan karya tulis ilmiah untuk menunjang karier penyuluh,“ tambah Purwadi.

Dalam penjelasannya, Adi Widiyanto selaku Koordinator Akademik menyampaikan, tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian di Kabupaten Kapuas agar dapat melaksanakan kaji terap. 

“Kaji terap merupakan salah satu metode penyuluhan yang dirasakan paling jarang dilakukan atau diterapkan oleh penyuluh pertanian dalam melaksanakan tugasnya.  Ketika ditanyakan cukup beragam jawabnya, namun secara umum  menyatakan bahwa mereka belum mempunyai kemampuan untuk melakukan kaji terap," jelas Adi. 

Setelah mengikuti pelatihan ini, penyuluh pertanian yang menjadi peserta diharapkan dapat mempraktikkan kaji terap di BPP-nya masing-masing sekaligus menularkannya kepada rekan-rekan penyuluh lainnya.[adv]