Tradisi Potong Pantan Sambut Kedatangan Danrem 102 di Makodim Kapuas

Tradisi Potong Pantan Sambut Kedatangan Danrem 102 di Makodim Kapuas

KUALA KAPUAS - Tiba di Makodim 1011 Kuala Kapuas,  kedatangan Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 Nancy Purwo Sudaryanto bersama rombongan disambut dengan tradisi adat potong pantan, Kamis (3/12/2020).

Potong pantan dipandu Damang Adat Hendri S Dinan, di pintu gerbang sebelum memasuki Makodim 1011 Kuala Kapuas yang terletak di Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Ritual tetek pantan dalam bahasa Dayak Ngaju berarti memotong penghalang atau menyingkirkan rintangan, sehingga biasa disebut pula potong pantan.

Upacara adat khas suku Dayak itu merupakan warisan tradisi nenek moyang. Ritual ini digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.

Dalam kunjungan itu rombongan Danrem juga disuguhi dengan tarian selamat datang dan disambut seluruh prajurit Kodim 1011 Kuala Kapuas.

"Tujuan kedatangan ini bersilaturahmi di wilayah Kabupaten Kapuas," kata Brigjen TNI Purwo Sudaryanto di sela memotong pantan.

Lebih lanjut Ia menyampaikan harapannya untuk Kodim 1011 Kuala Kapuas bisa bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Sehingga terjadi kemanunggalan antara TNI dan rakyat," tandasnya. 

Dalam kunjungan kerja, Danrem disambut langsung oleh Dandim 1011 Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro didampingi istri, dan unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama