Urusan BLT Dana Desa, Enam Desa Ini Patut Jadi Motivasi

KUALA KAPUAS - Sebagai apresiasi dalam ketepatan waktu dalam pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warga yang berhak, enam desa di Wilayah Kabupaten Kapuas, Kalteng meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

Piagam penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Drs Septedy M.Si didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kapuas Yanmarto, SH, M.Hum, di Aula Kantor DPMD Kabupaten Kapuas, Selasa (29/12/2020).

Enam Kades yang menerima penghargaan itu yakni Olly F Januh Kades Saka Mangkahai Kecamatan Kapuas Barat, Abdul Gani Kades Bunga Mawar Kecamatan Pulau Petak, Edie N Sida Kades Aruk Kecamatan Timpah, Bisi AD, Kades Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah, H Apuadi Kades Warna Sari Kecamatan Tamban Catur, dan Alfiannor Kades Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh. 

Kepala Dinas (Kadis) DPMD  Kapuas Yanmarto menyampaikan, penghargaan yang diraih enam desa itu agar menjadi motivasi bagi-bagi desa lainnya dalam meningkatkan kinerja aparatur pemerintah desa.

"Penghargaan tersebut terkait dengan kinerja dalam pengelolaan pengurusan DD tahun anggaran 2020," kata Yanmanrto.

Khususnya, lanjut dia, penilaian terhadap kecepatan dalam pengurusan dan penyaluran DD Tahap I Tahun Anggaran 2020 dimana juga terkait dengan penyaluran jaring pengaman sosial yang bersumber dari dana desa yaitu BLT DD.

"Ini yang terpenting oleh pemerintah pusat sebagai bentuk wujud kepedulian dari pemerintah desa untuk melaksanakan program nasional agar secepat-cepatnya memberikan kemanfaatan dari penggunaan DD itu kepada Masyarakat," kata Yanmarto.

Atas prestasi itu, pihaknya menyampaikan selamat dan terimakasih kepada desa yang meraih apresiasi itu.

"Kami sampaikan selamat kepada enam desa yang menerima penghargaan ini kiranya ini menjadi motivasi bagi desa untuk lebih baik lagi dan juga informasi ini akan kami sebar luaskan untuk memotivasi desa-desa yang lain," ungkapnya.[zulkifli]