Banjir Mulai Surut, Warga Awayan Kembali ke Rumah

PARINGIN - Warga Desa Baru, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan mulai meninggalkan posko pengungsian, mengingat air sudah mulai surut usai banjir melanda desanya, Sabtu (16/1/2021).

Terlihat pantauan metrokalimantan.com, puluhan rumah warga masih terndam oleh banjir. Bahkan tak sedikit warga kembali ke rumah untuk bersih-bersih barang yang sempat terendam banjir selama dua hari.

Salah satu warga Desa Baru, Rusdiah mengungkapkan, karena air sudah surut makanya Ia dan keluarga kembali ke rumah untuk bersih-bersih rumah dan barang yang sempat terndam banjir.

"Airnya sudah surut, makanya kami pulang dulu untuk membersihkan perabot, serta sisa-sisa sampah dan lumpur yang terbawa air kemarin," tuturnya.

Ia juga mengatakan, sudah banyak warga desa Baru yang pulang ke rumah masing-masing untuk membersihkan perabot rumahnya dari sisa banjir.

"Tapi nanti saya tetap mengungsi ke posko sementara waktu, sampai banjir terlihat benar-benar aman," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Baru Aripin saat ditemui menyampaikan, Desa Baru salah satu desa yang memang terdampak banjir, sedikitnya ada 79 rumah yang terendam di desanya.

"Saat ini, hanya tinggal beberapa puluh buah rumah saja yang terndam, sebagian warga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing," tuturnya.

Pihaknya pun sudah mendirikan 3 posko di Desa Baru, guna membantu evakuasi dan distribusi bantuan logistik kepada  masyarakat terdampak banjir.

"Allahmdulillah, selama banjir 2 hari ini, untuk  distribusi bantuan logistik baik makan dan keperluan lainnya bagi warga Desa Baru terpenuhi dan aman," pungkasnya.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar