Masih Banjir, Hipmi Balangan Ajak Warga tetap Waspada

PARINGIN - Bencana alam banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan mengakibatkan hampir selalu Kabupaten dan Kota terdampak. Tak terkecuali Kabupaten Balangan.

Tercatat dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan, 7 Kecamatan di antaranya ikut terendam. Dan sedikitnya  sebanyak 14,667 jiwa dari 4,501 Kepala Kekuarga yang terdampak, Sabtu (16/1/2021).

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love melalui Kasi Kedaruratan, Muhammad Syuhada menyampaikan, untuk data laporan yang pihaknya terima terakhir, ada 7 Kecamatan yang terdampak bencana banjir akibat luapan air sungai.

"Sementara saat ini ada 7 Kecamatan yang terdampak yakini, Kecamatan Halong, Juai, Tebing Tinggi, Awayan, Paringin serta Paringin Selatan. Sedangkan Kecamatan Lampihong ada 5 Desa yang terndam untuk jumlah jiwa masih menunggu," tuturnya.

Sementara itu di lain kesempatan, Ketua BPC HIPMI Kabupaten Balangan Erwan Rusadi juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Balangan yang wilayahnya terdampak untuk tetap waspada serta siaga. 

"Kita dari BPC Hipmi Balangan mengimbau seluruh masyarakat Balangan untuk tetap waspada serta siaga, terkhusus kecamatan Tebing Tinggi, Awayan, Juai, Halong, Paringin, Serta Lampihong. Serta memastikan kerabat keluarganya dalam keadaan yang aman," tutur Erwan. 

Debit Air yang terus naik serta kiriman air dari wilayah pegunungan menjadi indikator kewaspadaan, sampai saat ini kedalaman banjir terus-menerus meningkat. 

“Debit air terus meningkat, mari bersama kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap banjir ini, sebab kondisi air semakin hari semakin terlihat naik ke permukaan. Mari bersama kita berusaha dan berdoa agar bencana ini cepat berlalu dan masyarakat dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari lagi dengan normal,” pungkasnya.[agus]

Posting Komentar

0 Komentar