Vaksin Covid-19 segera Disalurkan di Pulpis

PULANG PISAU - Ratusan bahkan ribuan vaksin Covid-19 akan disalurkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam waktu dekat ini.

Vaksin tersebut nantinya disalurkan pada pertengahan Januari 2021. Untuk Pulang Pisau sendiri mendapat kuota sebanyak 800 hingga 1000 vaksin.

Itu disampaikan Wakil Ketua Satgas Covid-19 Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, usai menggelar rakor Gubernur Kalteng bersama Kemenkes RI secara video conference atau Vicon, Selasa (5/1/2021) di Aula Mess Pemda Pulang Pisau. 

"Vaksin Covid-19 tahap pertama ini nantinya akan disuntikan kepada 800 nakes se-Kabupaten Pulang Pisau yang sudah terdaftar diaplikasi," ucap dr Mul begitu sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau.

Selain nakes, lanjut dr Mul, vaksin itu juga akan kepada petugas publik ini antaranya anggota TNI, Polri, pegawai perhubungan, pegawai pengadilan, dan petugas publik lainnya yang sering kontak dengan masyarakat banyak," katanya.

Untuk syaratnya sendiri, kata dr Mul, bagi penerima vaksin harus mengisi formulir dengan 12 pertanyaan, di antaranya apakah ada gejala penyakit seperti hipertensi, atau ibu sedang hamil.

Sedangkan untuk tenaga vaksinator, sambungnya, mulai minggu depan akan dilatih atau training. Para tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin ini dari 12 puskesmas dan rumah sakit.

Ia menjelaskan, untuk vaksinasi tenaga kesehatan rencananya selesai akhir Febuari 2021. Sementara untuk tahap ke-2 akan dilanjut lagi vaksinasi kepada TNI, Polri dan seluruh pelayanan publik.

“Untuk tahap ke-3 akan divaksin kepada masyarakat usia 18 sampai 59 tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum melakukan vaksinasi kepada orang lain, 800 Nakes tersebut terlebih dahulu dibekali pelatihan atau training melalui zoom metting.

"Jadi, kita harapkan masyarakat maupun petugas publik tetap mematuhi protokol kesehatan," pesannya.[manan]

Posting Komentar

0 Komentar