Bersama Komisi IV DPR RI, Kementan Gelar Bimtek di Kukar

KEMBALI menjalin kerjasama dalam Bidang Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) dalam hal ini Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang bersama SMK PPN Banjarbaru dan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek). 

Bimtek yang mengambil tema Teknis Budidaya Bawang Merah ini diikuti oleh 42 petani dan penyuluh pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Pelaksanaan Bimtek dipusatkan di Balai Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. 

Adapun Bimtek ini diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2021.

Turut Berhadir Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara, Staf Ahli Komisi IV DPR RI, Rudiansyah S.Kom, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Kabag Umum BBPP Binuang, Purnadi SP MP, Widyaiswara BBPP Binuang, Susmawati SP MP dan Soleh Wahyudi S.ST M.I.Kom, serta perwakilan SMK PP Banjarbaru. 

Kepala BBPP Binuang dalam kesempatannya saat membuka Bimtek menyampaikan, budidaya Bawang Merah apabila dilakukan secara tepat, akan menguntungkan petani. Oleh karena itu, ikutilah bimtek ini dengan sunguh-sungguh. 

Sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian, Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi mengatakan optimismenya terhadap pertanian. Di mana faktor utama untuk pengungkit produktivitas pertanian adalah SDM Pertanian, SDM Pertanian memberikan kontribusi terbesar produktivitas pertanian, selain benih, pupuk, sarana prasarana, Alsintan.

Prof Dedi menjelaskan, jika ingin pertanian berkembang, sebelum membangun sarana prasarana dan menyiapkan alat serta mesin pertanian, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah meningkatkan kapasitas petani.[rilis]