Mural Wayang di Magelang, Terpanjang Ketiga di Indonesia

Mural Wayang di Magelang, Terpanjang Ketiga di Indonesia

Seniman dan warga melukis mural wayang di Desa Pucungrejo, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (10/3/2021). | Foto: Fery Hermawan

MAGELANG - Kendati belum sepenuhnya rampung, mural wayang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini sudah menyita perhatian banyak orang. Pasalnya, karya seni tersebut bakal dibuat sepanjang lebih dari 40 meter.

Artinya, mural ini akan menjadi yang paling panjang ketiga di Indonesia. Lukisan wayang terpanjang sebelumnya dibuat di Pacitan, Jawa Timur pada 2012, yakni 82 meter. Sedangkan yang ada di Yogyakarta, panjangnya tercatat 49 meter.

Di Magelang, mural tersebut dibuat oleh warga Dusun Karangwatu, Pucungrejo, Muntilan. Sampai hari ini, progresnya telah mencapai sekitar 70 persen.

Dalam budaya Jawa, tokoh pewayangan ada ratusan jumlahnya. Antara 200 hingga 300 karakter. Mulai dari tokoh dewa, pendeta, raja, patih, ksatria sampai kelas abdi dan para raksasa.

Karakter sebanyak itulah yang nantinya dapat dilihat di tembok-tembok rumah warga di Dusun Karangwatu. Butuh beberapa puluh kaleng cat besar dan kecil untuk menyelesaikannya.

Agar tak menyalahi pakem, pembuatan mural ini dikoordinasi oleh seniman setempat. Warga yang tak pandai melukis, tetap bisa ikut berpartisipasi, yaitu dengan memberi warna pada skesta yang telah dibuat.[sahrudin]
Lebih baru Lebih lama