Sandiaga: Pasar Seni Bantu Pulihkan Ekonomi Rakyat

Sandiaga: Pasar Seni Bantu Pulihkan Ekonomi Rakyat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melintas di pelataran candi Pawon, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/3/2021). | Foto: Humas Kemenparekraf

MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kembali melakukan kunjungan ke Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/3/2021). 

Agendanya kali ini, antara lain, meninjau pembangunan pasar seni Kujon, yang terletak di sebelah barat kompleks candi Borobudur.

Lokasi pasar seni tersebut dinilai sangat strategis, yaitu di tepi jalan utama menuju candi Borobudur. "Keberadaan pasar seni Kujon diharapkan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi warga sekitar", kata pria yang menjabat Menparekraf sejak Desember 2020 itu.

Selain itu, lanjut Sandiaga, produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) tentu dapat lebih banyak ditampung di lokasi itu.

"Lebih luas lagi, kita ingin pasar seni mampu berkontribusi, dalam upaya pemulihan berbagai dampak yang ditimbulkan akibat pembatasan aktivitas selama masa pandemi," terangnya.

Selain ke pasar seni Kujon, Sandiaga dan rombongan juga menyambangi Desa Wisata Kembanglimus, sekitar tiga kilometer di sebelah barat candi Borobudur. Kunjungan kemudian berlanjut ke candi Pawon.

Candi Borobudur berikut beberapa objek wisata lain di sekitarnya, telah kembali dibuka untuk pengunjung, sejak beberapa hari lalu. Tingkat kunjungan wisatawan memang masih sangat rendah.

Namun, dibukanya kembali situs bersejarah itu, perlahan ikut membangkitkan semangat para pelaku usaha. Mereka telah lebih dari setahun mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.[sahrudin]
Lebih baru Lebih lama