Bersama DPR, BPPSDMP Tingkatkan Kompetensi Petani dan Penyuluh di Landak

KOMISI IV DPR RI bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani dan Penyuluh di Kabupaten Landak Kalimantan Barat.

Bimtek yang dilangsungkan di Aula Hotel Hanura pada Kamis (22/4/2021), diikuti oleh 80 orang peserta dari kecamatan di Kabupaten Landak. 

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Sahbirin ST MT.

Dalam sambutannya Sahbirin menjelaskan, Kabupaten Landak mempunyai potensi lahan yang luar biasa yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian. 

“Saat ini indeks pertanaman padi di Landak lebih meningkat dari 1,84 sudah menjadi 2,0. Beberapa kecamatan panen padi dan jagung juga melimpah. Dari rilis data terakhir produksi padi dan jagung Kabupaten Landak menduduki peringkat kedua di Provinsi Kalimantan Barat. Dan Kabupaten Landak merupakan penyangga di daerah Hulu Kalimantan Barat,“ jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut Sahbirin juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komisi IV DPR RI, BPPSDMP Kementan serta BBPP Binuang, sehingga kegiatan Bimtek bagi Petani dan Penyuluh ini dapat dilaksanakan di Kabupaten Landak. 

“Kami berharap tidak selesai pada Bimtek ini saja, namun BPPSDMP Kementerian Pertanian melalui BBPP Binuang dapat melaksanakan Bimtek atau pelatihan-pelatihan selanjutnya di Kabupaten Landak. Hal ini sangat kami perlukan untuk terus meningkatkan kompetensi petani dan penyuluh kami,” harapnya.

Sementara itu, anggota DPR RI, Daniel Johan dalam sambutannya melalui virtual zoom menyampaikan, kalau Indonesia mau maju, maka tidak ada cara lain yang harus diperkuat adalah bidang pertanian.

"Karena Indonesia sangat berpotensi besar sebagai negara tropis yang tidak kekurangan hujan dan tidak kekurangan matahari, tinggal bagaimana kita mengelola kekayaan alam tersebut dengan baik," tuturnya.

Untuk lebih memberikan pengetahuan dan wawasan kepada seluruh stakeholder dan peserta yang hadir, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si selaku Kepala BBPP Binuang menyampaikan, informasi program dan kebijakan Kementerian Pertanian dalam rangka pembangunan pertanian, khususnya dalam bidang pengembangan SDM Pertanian.

Ia juga menyampaikan berbagai program dan kebijakan pengembangan SDM Pertanian, terutama bagi petani milenial yang merupakan harapan pertanian Indonesia ke depan.  

Materi yang diberikan dalam Bimtek adalah Peran Tokoh Agama dalam Membangun Kemandirian Pangan di Desa, Peran dan Tantangan Petani Muda Menuju Kemandirian Pangan, dan Pertanian Terpadu. 

Narasumber yang memberikan materi dari DPC NU Kabupaten Landak, Praktisi dan Widyaiswara BBPP Binuang.  

Di akhir kegiatan, Kepala BBPP Binuang yang menutup Bimtek secara resmi berharap agar materi yang sudah disampaikan dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi peserta.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar