Lagi, Pemkab Kapuas Salurkan Bantuan Ribuan Benih Ikan

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perikanan setempat kembali menyalurkan bantuan, kepada sejumlah kelompok budi daya ikan (Pokdatan). Bantuan berupa benih ikan Patin beserta pakannya yang didapat dari Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Kalimantan Selatan.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan angka produksi perikanan budidaya di Kapuas dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Pokdakan dan anggotanya.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas, Ir Darmawan melalui Kabag Pemberdayaan Pembudi daya, Fatmawati S.Pi kepada media ini, Rabu(14/4/2021) menyampaikan, kali ini bantuan disalurkan untuk empat Pokdatan, yaitu 
Pokdakan Saluwang Hayak Murik di Kelurahan Murung Keramat,  Pokdakan Panamas Berkarya Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat.

Kemudian Pokdakan Taheta Desa Sei Tatas Hilir, Petak dan Pokdakan Cangkal Desa Bunga Mawar di Kecamatan Pulau Petak.

"Untuk masing-masing Pokdakan mendapatkan benih Ikan Patin 15.000 kemudian dibagikan kepada 10 anggota yang ada di dalam satu Pokdakan," ujarnya.

Untuk pakan ikan, lanjut dia, disalurkan bertahap sesuai dengan ukuran ikan.

"Pada tahap pertama pakan yang diberikan sebanyak 300 Kilogram untuk ukuran ikan 1 mili meter, dan 600 Kilogram untuk ukuran ikan 2 milimeter, serta protein yang tinggi di atas 30 persen," terang Fatmawati.

Selanjutnya untuk tahap kedua disalurkan 2.200 Kilogram untuk ukuran ikan 3 sampai 4 milimeter, dengan protein yang tinggi di atas 20 persen agar menghasilkan ikan yang baik ketika di panen," tukasnya.[adv]