Tak Disangka: Berawal dari Profesi Wasit Sepakbola, Kini Hanil Tamjid Duduki Wakil Ketua II DPRD Balangan

PARINGIN - Kalau rezeki tidak ke mana, kata inilah yang pas bagi seorang Hanil Tamjid atau yang akrab dipanggil Anil, kelahiran Desa Hukai 1978 silam, yang kini karirnya melesat naik di dunia legislatif. 

Karena tidak disangka berawal dari profesi seorang wasit sepakbola  lebih dari puluhan tahun kini Ia bisa duduki jabatan sebagai Wakil Ketua II DPRD Balangan. Berkecimpung di dunia perpolitikan adalah hak semua kalangan, termasuk dari dunia olahraga.

Profesinya sebagai wasit sepakbola sejak 2005 inilah, menjadi modal berharga dirinya untuk lebih dikenal publik dan menjadi figur. 

Alhasil, bersama Partai PDIP, Ia sukses menjadi anggota legislatif periode 2019-2024, waktu itu mengungguli suara H Muhammad Husyairi  incumbent 2 periode sesama partainya untuk pemilihann  Dapil II Kecamatan Juai dan Halong.

"Menjadi seorang wasit atau pengadil lapangan hijau, saya sejak tahun 2005 namun, tanpa memiliki sertifikat. Bahkan saya tak pantang menyerah. Kemudian pada tahun 2006 baru bisa mengikuti diklat wasit C3 yang diselenggarakan Askab PSSI Kabupaten Balangan waktu itu," ungkap Anil.

Hingga 3 tahun kemudian, tambah Anil, pada tahun 2009, Ia kembali mengikuti diklat C2 di Magelang, Jawa Tengah. Sejak itulah dengan sapaan Anil ini aktif sebagai  pengadil lapangan hijau di tingkat Askab PSSI Kabupaten Balangan hingga Asprov PSSI Kalsel.

"Saya memulai karir di dunia politik sejak tahun 2015 bersama partai PDIP.  Awalnya saya menduduki sebagai Anggota DPRD Balangan yang bertugas di Komisi III, dan saya ditemani dua teman di satu partai yakni, Ahmad Fauzi dapil ll dan H Upi Wandi dapil l yang menjabat sebagi Wakil Ketua  DPRD waktu itu," tuturnya.

Namun karena rekan satu partainya meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya, maka  terjadilah kekosongan sementara kursi Wakil Ketua DPRD Balangan. Lalu otomatis rekan satu partai didapil l Eddy Yulianto harus mengisi kekosongan kursi di DPRD sebagai PAW karena beliau suara terbanyak kedua setelah almarhum.

Karena Eddy Yulianto hanya dilantik mengisi PAW sebagai anggota DPRD Balangan, maka masih belum ada yang mengisi posisi ke kosongan kursi Wakil Ketua II dari fraksi PDIP.

Kemudian DPC Partai PDIP  Balangan kembali mengajukan tiga nama untuk mengisi posisi jabatan Wakil Ketua DPRD Balangan. Selang beberapa waktu DPP PDIP merekomendasikan salah satu nama, yakni Hanil Tamjid sebagai Wakil Ketua II DPRD Balangan sebagai PAW sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Meski sudah menjabat sebagai Wakil Ketua, Ia pun masih setia membantu dan ikut berkecimpung di dunia sepakbola baik sebagai wasit maupun sebagai pemain. Bahkan Ia juga memiliki satu binaan tim yang di bawah asuhannya.

"Jabatan baru adalah tanggung jawabnya sangat besar yang kita emban, akan tetapi kedepannya nanti akan terus bekerja dengan sebaik mungkin dan siap belajar dari para senior partai," tegas Anil, Rabu (21/4/2021).

Bahkan Ia mengatakan, untuk bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk menuju kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten maka perlunya  kebersamaan yang kuat baik dari eksekutif, legislatif, maupun semua kalangan, guna membangun Bumi Sanggam secara bersama-sama.[martino]

Posting Komentar

0 Komentar