Dinkes Kapuas Fokus Vaksin Covid-19 bagi Lansia dan Guru

Dinkes Kapuas Fokus Vaksin Covid-19 bagi Lansia dan Guru

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas saat ini memfokuskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk masyarakat Lanjut usia (Lansia) dan guru atau tenaga kependidikan.

Kepala Dinkes Kapuas Apendi, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  dr Tri Setya Utami, Kamis (20/5/2021) menyampaikan, sesuai arahan Kementerian Kesehatan prioritas vaksinasi untuk saat ini masih fokus kepada lansia dan guru.

"Saat bulan Ramadan kemarin vaksinasi untuk lansia dan guru tetap berjalan sesuai standar yang telah ditentukan. Namun ada beberapa lansia yang tidak mau vaksinasi dan menunggu setelah lebaran,” ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi banyak dipusatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di wilayah Kapuas, dan belum lama ini telah dilakukan vaksinasi secara massal untuk guru dan calon jemaah haji. 

“Tentu semua sudah mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah,” kata Tri.

Menurut Try, pada  satu hari sebelum  Idul Fitri 1442 H, beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih melayani vaksinasi untuk dosis ke-2. 

“Setelah lebaran pun, PKM dan RSUD juga tetap melayani vaksinasi dengan masih memprioritaskan lansia dan guru-guru,” terang dr Try.

Pihaknya meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin dan tidak terpengaruh akan informasi-informasi hoax terkait vaksin.

 “Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang vaksin Covid-19, dapat mengaksesnya di s.id/infovaksin,” kata dia.

Lebih Lanjut, dikatakan hingga saat ini, vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Kapuas sudah mencapai 2,47 persen untuk dosis ke-1 dengan jumlah yang divaksin sudah 747 lansia dari jumlah sasaran sebanyak 30.191.

Sedangkan untuk dosis ke-2 sudah sebanyak 552 lansia yang telah divaksin atau baru mencapai 1,83 persen.[adv]


Lebih baru Lebih lama