Gelar Sekolah Lapangan, Tanbu Mantapkan Program IPDMIP

PASCA pelatihan literasi dan edukasi keuangan yang diselenggarakan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang sepekan lalu, Muhammad Syarif, salah satu peserta yang berasal dari Tanah Bumbu kembali melanjutkan tugasnya menjadi pemandu lapangan pada kegiatan Sekolah Lapang (SL) Tahap I program IPDMIP. 

Topik SL Tahap I ini membahas budidaya padi, khususnya merubah kebiasaan petani yang sebelumnya menggunakan varietas Lokal dengan produksi yang rendah yaitu 2 hingga 2,5 ton per hektare saja.

Pelaksanaan SL Tahap I program IPDMIP ini berlangsung selama 1 musim tanam padi dan akan dilaksanakan sebanyak 12 kali tatap muka. 

Saat ini fase pertumbuhan tanaman padi di laboratorium lapangan yang digunakan untuk SL masih pada fase pemeliharaan. Sehingga pada fase ini topik yang dibahas merupakan tahapan atau kegiatan pemeliharaan tanaman. 

Setiap tatap muka membahas topik yang krusial mengenai budidaya padi. Adapun tujuan SL budidaya padi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam budidaya padi, sehingga mampu meningkatkan produksi.

Agar penyelenggaraan SL ini efektif petani diajak langsung untuk melaksanakan observasi pada tanaman, sehingga petani pada kegiatan SL ini bukan hanya mendengarkan teori dari pemandu lapangan, akan tetapi peserta langsung praktik.

Pelaksanaan SL ini diikuti di wilayah Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui sebanyak 25 petani yang merupakan sasaran project  IPDMIP, salah satu di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Harapan Kepala Dinas pada pelaksanaan SL ini para petani bisa mengetahui cara budidaya padi sawah yang baik dan benar.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar