Via Zoom Meeting, Pemkab Kapuas Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah

KUALA KAPUAS - Melalui video conference Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (Wasin) tahun 2021, Kamis (27/5/2021).

Rakornas digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pembukaan Rakornas via virtual tersebut, diikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas, Ilham Anwar didampingi Plt Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Kabupaten kapuas Agnes Setyari P dan Kasubbag Analis dan Evaluasi Inspektorat Kabupaten Kapuas Rina Eka Kumiati, di aula Kantor Bappeda Kapuas.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan.

Menjamin tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya tujuan program, menjamin tercapainya tujuan belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien.

“Mengikuti prosedur itu penting, ya, penting. Tetapi jauh lebih penting adalah tercapainya target-target yang telah ditetapkan, sekali lagi juga ini harus secara akuntabel, efektif, dan efisien. Yang ditunggu-tunggu oleh rakyat itu adalah hasilnya,” kata Jokowi.

Dikatakannya bahwa akuntabilitas, efektivitas, efisiensi dari belanja itu hal yang sangat penting.

Tetapi lebih dari itu, Presiden RI menekankan beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian BPKP dan seluruh jajaran APIP/Aparat Pengawas Intern Pemerintah.

Jokowi mengharapkan agar percepatan belanja pemerintah terus dikawal dan ditingkatkan serta tepat sasaran karena realisasi belanja pemerintah masih rendah. 

Kemudian, kualitas perencanaan yang perlu terus ditingkatkan karena masih adanya program yang tidak jelas ukuran keberhasilannya dan tidak jelas sasarannya.

Lalu, prihal akurasi data untuk dilakukan sinkronisasi basis data antarprogram untuk meningkatkan keandalan data.

“Di masa sulit seperti sekarang ini kita perlu bekerja cepat, perkuat sinergi, perkuat kolaborasi, perkuat checks and balances, saling bekerja sama, saling koreksi, saling memperbaiki agar program-program pemerintah berjalan efektif, masyarakat mendapatkan manfaat sebesar-besarnya, bangsa kita bisa segera bangkit dari pandemi,” pungkas Jokowi.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar