Persiapan Screening ABK, KKP Palangka Raya Sambangi Dinkes Kapuas

Persiapan Screening ABK, KKP Palangka Raya Sambangi Dinkes Kapuas

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, kedatangan tamu dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palangka Raya, Kamis 10 Juni 2021.

Rombongan dipimpin langsung Kepala KKP Kelas III Palangka Raya Ucup Supriyadi SKM M.Kes didampingi dua orang stafnya.

Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Widjiati SKM M.PH, Jumat (11/6/2021) menyampaikan, kedatangan KKP rombongan KKP Kelas III Palangka Raya berkoordinasi tentang penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas.

"Selain itu juga  persiapan pelaksanaan screening bagi Anak Buah Kapal (ABK) terkait rencana kedatangan kapal dari luar negeri (Thailand) yang diperkirakan akan datang pada tanggal 15 hingga 16 Juni 2021 nanti," kata Widijiati.

Menurutnya, dari hasil koordinasi dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa setiap ABK yang datang wajib dilakukan pemeriksaan swab.

Widjiati berujar, berkaitan dengan perkembangan situasi saat ini, dimana ditemukannya banyak varian baru mutasi virus SARS CoV-2,

"Maka setiap ABK yang datang dan memasuki wilayah Kabupaten Kapuas akan dilakukan pemeriksaan swab antigen, dilanjutkan dengan pemeriksaan Nucleic Acid Amplification Test (NAAT),” terangnya.

Selain itu, juga dibahas  rencana tindak lanjut apabila dari hasil pemeriksaan ditemukan hasil positif,

"Maka akan diambil langkah-langkah penanganan, isolasi sesuai dengan pedoman yang berlaku," pungkasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama