Serius Jadikan Lahan Pekarangan Hatinya PKK, Bunda Sri Kembali Belajar ke Tala

PARINGIN - Serius menyikapi upaya pemanfaatan lahan pekarangan, usai menimba ilmu di Kabupaten Barut, Kalteng, kini Bunda Sri Hadi menambah wawasan ke Kabupaten Tanah Laut. 

Sri yang tak lain Ketua TP-PKK Balangan bahkan bersama Pokja III kembali mengunjungi salah satu Kelompok Wanita Tani "Mekar Sari" yang ada di Desa Taruna Jaya RT 04 Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (12/06/2021). 

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi dan menambah wawasan, serta bahan pembelajaran untuk Kabupaten Balangan tentang bagaimana menjadikan lahan pekarangan menjadi Hatinya PKK. 

Dikatakan istri orang nomor satu di Bumi Sanggam, ketika kita diberi kesempatan untuk mengabdi, maka sudah barang tentu amanah itu harus kita jalankan demi masyarakat. 

"Setelah beberapa waktu lalu melakukan kaji banding di Barito Utara Kalimantan Tengah, kali ini kita kembali belajar dari kelompok wanita tani yang ada di Pelaihari, karena mereka sangat kreatif dan kita bisa mencontoh dari mereka," ujarnya. 

Bunda Sri berharap setiap pekarangan rumah masyarakat Balangan agar memiliki Hatinya PKK, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. 

"Dengan adanya tanaman-tanaman serta obat-obatan tradisional seperti tanaman toga yang ada di pekarangan mereka, bisa membantu mengirit biaya hidup dan bisa membantu ekonomi keluarga, serta meningkatkan gizi keluarga, apa lagi di masa pandemi Covid-19 ini kita para wanita harus kreatif," pungkasnya. 

Sementara itu, Siti Maisaroh Ketua dari Kelompok Wanita Tani Pelaihari mengatakan, ini adalah salah satu kelompok tani yang bersinergi dengan TP-PKK Tanah Laut. 

"Tanaman hidroponic seperti slada adalah tanaman yang paling unggul di Kecamatan Pelaihari," pungkasnya.[martino]