Prospek Komoditas Porang

BIMBINGAN lanjutan secara online disampaikan kepada para Purnawidya Pelatihan Teknis non Aparatur XXIV bertajuk "Budidaya dan Analisa Kelayakan Usaha Porang.

"Bimbingan ini telah dilakukan seminggu lalu di BPP Kelampung Hilir Kabupaten Kotabaru, sebagai alternatif solusi permasalahan bisnis porang," ujar Budiono, Widyaiswara BBPP Binuang.

Tren bertani porang akhir-akhir ini telah menjadi primadona ekspor dan pabrikan domestik. Porang kaya khasiat dan manfaat, mulai untuk pangan, pakan, dan produk turunan industri lainnya.  

Produksi umbi porang nasional hingga tahun 2020 masih 19.950 hektare setara 200.000 ton. Adapun ekspor porang Indonesia pada 2020 tercatat sebanyak 8.570 ton dengan total nilai US$19.645.620 dari peluang pasar ekspor sebesar 13,28 juta ton atau diperlukan pertanaman porang seluas 300 ribu hektare.

Ini sekaligus menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Terbatas tentang Pengembangan Budidaya Sarang Burung Walet dan Tanaman Porang. 

Menurut Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP), Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Kementerian Pertanian melalui program melakukan peningkatan ekspor 300%. Ini untuk memperbesar devisa negara di saat pandemi Covid-19 diterbitkan Keputusan Menteri Pertanian No. 104/ KPTS/HK.140/M/2/2020.

"Tanaman porang termasuk salah satu komoditas binaan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dari jenis kacang-kacangan dan umbi-umbian," ungkap Yulia.


Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam hal ini Asisten Deputi Pangan - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Strategi Pengembangan Budidaya dan Peningkatan Ekspor Porang (7/5/2020). 

Dalam roadmap tersebut, juga telah dipetakan target luas tanam (realisasi) tanaman porang 2020 adalah 19.950 hektare dan 2021 adalah 47.641 hektare. Produksi basah yang ditargetkan adalah 10 ton per hektare dan ini nantinya akan dibuat berupa tepung glucomannan. 

Sedangkan produksi kering dalam bentuk chips adalah 15% dari produksi basah. Pengembangan porang akan dilakukan melalui sejumlah strategi, antara lain peningkatan ketersediaan dan penggunaan benih varietas unggul, penerapan Good Agricultural Practices di tingkat petani, penyediaan pupuk sesuai kebutuhan, dan dukungan prasarana irigasi, jalan usaha tani dan dukungan fasilitas pembiayaan. 

Adapun fokus pengembangan secara bertahap akan dilaksanakan di 29 provinsi dan 263 kabupaten. Dari sisi distribusi, pasar dalam negeri yang ditargetkan adalah 10% dari total panen, sedangkan sisanya diekspor dalam bentuk chips kering atau produk turunan lainnya yang diperkirakan ada sekitar 21 jenis.

"Terkait hilirisasi industri porang, Kemenperin telah memetakan sentra produksi porang sebagai basis pengembangan industri pengolahan,“ imbuh Direktur KABI, Dirjen Tanaman pangan .

Mayoritas industri pengolahan porang. Beberapa produk olahan berbahan baku porang, antara lain tepung porang, ekstrak glucomannan, mie shirataki, beras konnyaku/shirataki, pasta porang boba untuk minuman (Yuswandi,2021).

Asisten Deputi Pangan, Muhammad Saifulloh yang mewakili Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud saat membuka FGD mengatakan, dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor produk pertanian, Kemenko Bidang Perekonomian ditugaskan untuk mengoordinasikan usaha pengembangan porang mulai dari on farm sampai off farm.

"Ini melibatkan Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin),” ucapnya.

Upaya perluasan lahan dan peningkatan produksi serta produktivitas porang yang telah dilaksanakan oleh Kementan, dapat menjadi titik awal pengembangan porang, termasuk hilirisasi industri pengolahan porang. 

Daerah Indonesia yang jadi sentra produksi tanaman porang antara lain adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Banten, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sumatra. Kemudian yang jadi sentra pengolahan tepung porang ada di kawasan Madiun, Bandung, Pasuruan, Wonogiri, Maros. 

Pengolahan tepung porang sendiri juga memiliki nilai ekonomis dari pada menjual dalam bentuk umbi porang, Namun, penggunaan dalam bentuk tepung atau umbi porang masih menjadi polemik, sebab kandungan Ca-oksalat. 

Lebih lanjut lagi dijelaskan dalam Jurnal Gizi dan Diedetik Indonesia, Ca-oksalat dalam tepung porang  dapat berhasil dikurangi melalui mekanis stamp mill fraksinasi atau  blower, serta cara kajian konsentrasi garam dapur juga lama perendaman porang. 

Negara tujuan ekspor komoditas porang, antara lain Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia, kawasan Asia, Eropa. Biasanya porang yang diekspor dikirim dalam bentuk chip atau produk setengah jadi.

"Nantinya di negara penerima ekspor akan diolah menjadi bahan dasar pangan, kosmetik hingga industri Berdasarkan data Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) atau Badan Karantina Pertanian (Barantan)," ungkap Budiono.[advertorial]

Berikut daftar Pabrik Penepungan Porang yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. 

1 -PT. Jagat Raya Indonesia
Alamat : The City Tower, Jl. MH. Thamrin No. 81, RT 1/6, Dukuh Atas, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 

2 - PT. Paidi Indo Porang
Alamat : Dusun Giringan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

3 - PT Asia Prima Konjac
Alamat : Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

4. CV. Porang Center Indo
Alamat : Sidomulyo, Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

5. CV. Agro Alami Raya
Alamat : Jl. Al-Hidayah I/24 Kaplaksari Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

6. PT. Mitra Porang Nusantara
Alamat : Pekanbaru, Riau, Sumatra 

7 - PT. Algalindo
Alamat : Jl. Wicaksono 23 Gununggangsir, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 

8. Indonesia International Konjac
Alamat : Jl. Kamal Raya Outer Ring Road, Taman Palem Lestari Komplek Ruko Galaxy, RT.7/8, Cengkareng Barat, Jakarta. 

9. PT. Siligati
Alamat : Desa Banjar Asem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali. 

10. CV. Sanindo Putra
Alamat : Jl. Cijagra NO. 22 Desa
Cilampeni, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

11. Serayu Agro Proccesing (SAP)
Alamat : Serayu Karanganyar, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. 

12. PT l. Rajawali Penta Nusantara
Alamat : Jl. Raya Ambeng-Ambeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

13. Prima Agung Sejahtera
Alamat : Jl. Kalianak Timur, Genting Kalianak, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur. 

14. CV. Jia Li
Alamat : Surabaya, Jawa Timur. 

15. Pabrik Penepungan Porang
Alamat : Templek, Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

16. PT. Satoimo Sulawesi Sukses
Alamat : Jl. Tol Lama No. 3 Makassar, Sulawesi Selatan. 

17. PT. Anugrah Porangkaya Indonesia
Alamat : Kabupaten Banyuwangi, JawaTimur. 

18. PT Tridanawa Perkasa Indonesia (TPI)
Alamat = Makassar, Sulawesi Selatan. 

19. Star Konjac Nusantara
Alamat : Semarang, Jawa Tengah. 

20. PT. Ambiko
Alamat : Jl. Melikan Kejapanan, Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 

21. PT. Marefa Alam Samudra
Alamat : Jl. Al-Hidayah I/14, Keplaksari, Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur


Posting Komentar

0 Komentar