Cabor Pencak Silat Balangan Serius Hadapi Popda 2022

PARINGIN - Pencak silat adalah salah satu cabor yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Kalimantan Selatan 2022 mendatang. 

Kabupaten Balangan sendiri selalu memperoleh medali di cabor ini. Persiapan Tim Pencak Silat dari PSHT Cabang Balangan pun tidak main-main dalam menghadapi gelaran kejuaraan antar pelajar tersebut. 

Ahmad Juliansyah S.Pd sebagai pelatih menegaskan, timnya sudah mulai melakukan training camp bertempat di Desa Muara Ninian Kecamatan Juai, sejak bulan Juli lalu. 

"Karena Popda 2022 mendatang kami punya target mendali emas dan bisa bermain di POPWIL," ungkapnya, Kamis (26/8/2021).

Sebanyak 5 atlet dari berbagai sekolah di Balangan sudah mempersiapkan diri mengikuti program latihan tersebut yang disusun oleh tim pelatih dari PSHT Cabang Balangan yaitu M. Sandi Ananda (SMAN 1 Juai), Pijey (SMAN 2 Halong), Suci (SMPN 3 Halong), M. Nafis (MA Ainul Amin Tebing Tinggi), dan Rima (SMAN Tebing Tinggi). 

"Kami mempersiapkan atlet dengan 3 tahap, tahap pertama melalui pantauan tim pelatih, selanjutnya kami akan adakan seleksi internal untuk mematangkan tim atlet, dan yang terahir kami akan mengikuti arahan dari Dispora Balangan untuk mempersiapkan tim terbaik Kabupaten Balangan yang nantinya akan bertanding diprovinsi," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikannya, untuk persiapan ke depan akan melakukan beberapa tahapan uji coba pertandingan baik di internal maupun nanti keluar daerah guna untuk meningkatkan kepercayaan diri, serta penerapan tehnik dan taktik bertanding. 

Kegitan training camp ini tidak terlepas dari dukungan organisasi PSHT sebagai induk perguruan pencak silat, orang tua wali atlet, serta para kepala sekolah yang siswa/i yang terlibat dalam pemusatan latihan. 

Kepala Sekolah MA Ainul Amin, Masroliyan Nor S.Pd.I M.Pd mengaku sangat senang bahwa salah satu siswanya bisa tergabung dalam Tim Pencak Silat yang akan menghadapi POPDA 2022 mendatang. 

"Kami sangat mendukung penuh serta selalu memberikan motivasi agar para siswa kami bisa berprestasi di bidangnya salah satunya pencak silat ini," pungkasnya.[martino/adv]


Posting Komentar

0 Komentar