Tingkatkan Kompetensi Siswa, SMK-PPN Banjarbaru Ikuti Lomba AHMBS 2021

SEBAGAI Unit Pelaksana Teknis (UPT) di BPPSDMP Kementerian Pertanian, SMK Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Banjarbaru terus melakukan peningkatan potensi siswa. Salah satunya dengan mengikuti lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2021 yang digelar PT. Astra Honda Motor (AHM). 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), terus mengajak seluruh insan pertanian, tak terkecuali pelaksana pendidikan vokasi pertanian agar beradaptasi dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Mentan SYL menaruh harapan besar pada generasi milenial dalam pembangunan pertanian.

“Generasi milenial harus berani menjadi petani atau mendirikan start-up pertanian,” tegasnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, di tangan milenianlah pembangunan pertanian akan dijalankan.  

“Petani milenial adalah penggerak sektor pertanian, khususnya dalam menghadapi industri 4.0. Kalian semua adalah pendekar. Oleh karena itu, kalian itu harus bersiap-siap menjadi penggerak, motor, pelopor pembangunan pertanian di negara yang kita cintai ini,” katanya.

Sebagai bentuk peningkatan potensi generasi milenial, SMK PP Negeri Banjarbaru ambil bagian dalam lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2021 yang digelar oleh PT Astra Honda Motor (AHM). 

Lomba ini mengajak para pelajar setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia untuk beradu kreativitas dan inovasi.

Mengusung tema 'Satu Hati Meraih Prestasi' ajang ini mengajak para peserta yang telah melakukan pendaftaran sejak 15 April hingga 15 Juni 2021 untuk mengembangkan kreasi dan inovasinya. 

Dari sejumlah peserta, ada dua siswa siswa SMK-PP N Banjarbaru yang berhasil berhasil meraih the best pada seleksi regional Kalselteng di dua kategori berbeda.  

Adalah Eva Oktapiyani yang masuk pada Kategori Pemberdayaan Ekonomi/UMKM dengan Judul Kokedama Kreativitas Tanaman Hias Modern Ramah Lingkungan, dan Muhammad Amberi yang masuk Kategori Inovasi dan Teknologi dengan Judul Budidaya Kedelai Edamame PWMP SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Kedua perwakilan siswa yang kini telah menyelesaikan pendidikannya di  SMK-PP N Banjarbaru lolos ke tahap seleksi regional. 

Rangkaian seleksi mulai dari pengiriman paper karya ilmiah sesuai kategori masing-masing dilanjutkan dengan seleksi presentasi secara virtual dilakukan oleh peserta kepada tim juri. 

Namun pada tahap 20 besar nasional masih belum lolos, namun mereka tetap semangat untuk terus berkarya.

Meskipun demikian, kedua perwakilan SMK-PP Negeri Banjarbaru ini masih bisa mengikuti pemilihan peserta favorit AHM Best Student 2021. Mereka akan ditentukan sebanyak mungkin vote yang di dapat untuk dapat ke tahap selanjutnya. 

Untuk mendukung 2 alumni SMK-PP N Banjarbaru ini bisa vote melalui link dibawah ini: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeo6fwsEHcpE_5ZFxAC4aAVE4I3t6_q7wutxiRqOHbGI-eC5g/viewform.

Dengan keikutsertaan alumni SMK-PP Negeri Banjarbaru ini, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso mengajak seluruh keluarga SMK-PP Negeri Banjarbaru dan insan pertanian untuk dapat mendukung 2 alumni SMK-PP Negeri Banjarbaru ini.[rilis]


Posting Komentar

0 Komentar