Tinjau Jalan Rusak, Abdul Hadi Perintahkan Perbaikan Jalan

Tinjau Jalan Rusak, Abdul Hadi Perintahkan Perbaikan Jalan

PARINGIN - Sejak ditutupnya akses untuk melintasi jembatan yang ada di ibukota Kabupaten Balangan, yakni Paringin, yang merupakan Jalan Nasional A Yani antar provinsi di Kalimantan Selatan, pengguna jalan raya harus melewati jalur alternatif di jalan lingkar timur dan jalan Desa Bungin.

Namun jalan alternatif yang seyogyanya memang bukan untuk dilintasi angkutan bertonase besar, tampak rusak dan berlobang dan sering dikeluhkan masyarakat Bumi Sanggam.

Keluhan demi keluhan warga bertebaran terkait kondisi jalan alternatif yang rusak parah ini ditambah banyaknya angkutan berat yang terjebak di lobang jalan yang mengakibatkan macet di sepanjang jalur.

Menyikapi keluhan ini, Bupati Balangan, H Abdul Hadi sudah menginstruksikan langsung Dinas PUPR agar segera memperbaiki jalan alternatif supaya aktivitas warga tidak terganggu.

Bukan hanya itu, meski harus berkotor kotoran dan berdebu,  Bupati asli orang banua ini juga turun langsung mengecek kondisi jalan di dua jalan alternatif, Kamis (30/09/2021).

"Kita berusaha menangani kerusakan jalan alternatif ini dengan perbaikan dan penambalan jalan, malam tadi dan pagi tadi kami monitor perbaikan jalan lingkar timur. Siang tadi kami minta supaya PUPR memperhatikan jua jalan lampihong mantimin," tuturnya.

Dinas PUPR juga sudah menurunkan Alat berat, ke lokasi jalan yang diperbaiki, di Jalan Gunung Pandau, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan. Material batu diturunkan kemudian diratakan untuk memperbaiki kondisi jalan berlubang.

Ada beberapa badan jalan berlubang yang ditangani oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan. Selain itu, penanganan juga dilakukan di Jalan Desa Bungin yang merupakan jalur alternatif serupa.

"Kami harap warga bersabar, jalan alternatif ini tidak mungkin kita perbaiki total karena akan sia - sia dan terlebih anggaran kita masih terbatas, kita (Pemkab Balangan, red ) akan menangani secara intens perbaikan dan pemeliharaan jalan," terangnya.

Selain itu, Abdul Hadi juga memerintahan Dinas PUPR agar melakukan perbaikan di jalur jalan Kecamatan Lampihong dan jalan Mantimin Kecamatan Batumandi, dimana kondisi dua  jalan juga mengalami kerusakan.

Perlu diketahui, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Selatan resmi menutup jembatan paringin mulai Kamis 23 September 2021 pukul 00.00 Wita dan mulai saat ini pengendara akan melintasi jalan alternatif yang kondisinya juga rusak parah akibat angkutan dengan tonase besar melintasi jalan alternatif ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Rina Ariyani mengatakan pihaknya telah melakukan proses  perbaikan jalan alternatif secara bertahap demi kenyamanan pengendara jalan di Balangan.

“Ada dua jalan alternatif yaitu jalan lingkar timur dan jalan Desa Bungin, dan pemeliharaan ini akan di lakukan selama tiga bulan ke depan,” terang Rina.

Selain itu, lanjut Rina, pihaknya pun akan melakukan perbaikan di sepanjang jalan yang masuk wewenang jalan kabupaten secara bertahap.

Dipihak lain, menyikapi kondisi ini Wakil Ketua DPRD Balangan, M Ifdali menyampaikan agar warga yang melintas di jalan alternatif untuk berhati-hati, karena kemungkinan jalan licin akibat hujan.

“Mudahan-mudahan di anggaran tahun 2022 jalan ini sudah di aspal,” harapnya.

Ifdali mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah memperbaiki jalan ini, yang merupakan imbas dari kondisi jembatan Paringin ini.[martino]


Lebih baru Lebih lama