ToT, Menuju Aparatur Pertanian Unggul

PELAKSANAAN menjadi upaya bagi Kementan untuk meningkatkan kompetensi aparatur pertanian di Indonesia.| foto : bayu

BADAN Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan kompetensi aparatur pertanian. 

Hal ini diwujudkan dengan dilaksanakannya Training Of Trainer (ToT) bertajuk "Peran SDM unggul dalam menunjang sistem agribisnis modern yang berdaya saing ekspor". 

Peserta pada kegiatan ini, terdiri dari Widyaiswara, dosen dan penyuluh pertanian di lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian. 

Kegiatan ToT dilaksanakan selama 2 hari, 18 hingga 19 Oktober 2021. 

Pelaksanaan ToT dilakukan secara offline dipusatkan di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, sedang online menggunakan aplikasi zoom cloud meeting. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam kesempatannya mengatakan, Widyaiswara yang mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu mengimplementasikan dan menerapkan hasil pembelajaran di lapangan. 

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, saat ToT berlangsung mengungkapkan, teknologi sudah berkembang. Tentunya semua insan pertanian harus mampu mengalihkan pertanian tradisional ke pertanian modern. 

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mendorong petani kita  dari pertanian tradisional ke pertanian modern," tegas dedi. 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat membuka ToT berpesan, pertanian merupakan profesi yang membanggakan, oleh karena itu, hadirkan sebuah pengabdian dengan penuh tanggung jawab. 

"Tanggung jawab kita, untuk menghidupi 273 juta penduduk Indonesia," pungkasnya.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar