Pemdes Marias Beri Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan

PELATIHAN membuat kain sasirangan menjadi program Pemdes. Ini sebagai langkah positif untuk memberdayakan ibu rumah tangga.| foto : martino

PARINGIN - Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desa, khususnya para ibu rumah tangga, Pemerintah Desa (Pemdes) Marias memberikan pelatihan membuat sasirangan. 

Kegiatan yang digelar di Gedung Pertemuan Desa Marias, Minggu (14/11/2021) ini diselenggarakan selama 4 hari, setiap Sabtu dan Minggu dalam 2 pekan. Tak kurang 42 peserta mengikuti kegiatan ini.

Kepada Desa Marias, Setiyo Wahyuni mengatakan, pelatihan ini merupakan program dari desa untuk memberikan kegiatan positif kepada masyarakat, khususnya ibu rumah tangga. Juga untuk menambah pengetahuan terutama di bidang pembuatan sasirangan.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk penambahan ilmu dan kita melaksanakan ini bukan sekedar untuk ajang hiburan saja akan tetapi untuk meningkatkan kualitas SDM kita," ucapnya saat di temui grapena.com.

Wahyuni menambahkan, untuk pelatih panitia mendatangkan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), yaitu Anggota Waroeng Sasirangan. Antusiasme peserta tampak sangat baik dan bersemangat dalam menjalani seluruh tahapan kegiatan.

"Sangat baik untuk antusiasme masyarakat dan meraka serius ingin belajar," tambahnya.

Ke depan Pemdes Marias kembali melaksanakan pelatihan menjahit. Ini merupakan salah satu kegiatan lanjutan, agar selain bisa membuat kain sasirangan diharapkan peserta bisa mengolahnya menjadi pakaian.

"Insya Allah, untuk kegiatan berikutnya kita akan berikan pelatihan menjahit," jelasnya.

Wahyuni berharap ke depan Desa Marias melalui BUMDes bisa memproduksi kain sasirangan sendiri dan bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

"Kita berharap ke depannya Marias bisa menjadi desa yang memproduksi kain sasirangan sendiri, jadi ketika ada kegiatan pernikahan dan lain-lain di desa kita tidak perlu lagi membeli kain di luar," tutupnya.[martino]

Posting Komentar

0 Komentar