Hanawijaya Resmi Jabat Direktur Utama Bank Kalsel

KURSI jabatan Direktur Utama Bank Kalsel akhirnya tak lagi kosong pasca dilantiknya Hanawijaya oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.| foto : bank kalsel

BERDASARKAN Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-173/D.03/2021 tanggal 12 November 2021 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Hanawijaya selaku calon Direktur Utama membawahi Unit Usaha Syariah PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan, serta hasil RUPS Luar Biasa sebagaimana termuat dalam Akta Pernyataan Keputusan Sirkular Pemegang Saham PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 25 Tanggal 30 November 2021, menyetujui dan mengesahkan pengangkatan Hanawijaya sebagai Direktur Utama membawahi Unit Usaha Syariah Bank Kalsel terhitung sejak tanggal 1 Desember 2021 sampai dengan 1 Desember 2026. 

Atas hal tersebut, maka I Gusti Ketut Prasetya selaku Direktur Kepatuhan Bank Kalsel dengan ini dibebaskan atas tugas sebagai Plt. Direktur Utama Bank Kalsel.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor S.Sos MH dengan disaksikan seluruh Pemegang Saham Bank Kalsel, Pejabat dan Tamu Undangan, serta seluruh Pejabat Eksekutif dan Karyawan/ti Bank Kalsel, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (4/12/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin berpesan
kepada Pejabat yang dilantik agar dapat mengemban jabatan sebagai Direktur Utama dengan sebaik-baiknya, secara profesional dan bertanggung jawab. 

“Selamat dan sukses kepada Hanawijaya, selaku Direktur Utama Bank Kalsel. Semoga amanah dan jabatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, bekerja secara profesional serta menjunjung tinggi tanggungjawab dalam menunaikan tugas dan kewenangan yang diamanahkan dalam jabatan ini,” tutur beliau.

Pada kesempatan yang sama, Paman Birin juga berharap agar Bank Kalsel tidak
ketinggalan dalam beradaptasi dengan memanfaatkan sistem digital.

“Bank Kalsel agar terus berinovasi dalam upaya digitalisasi pelayanan perbankan. Maksimalkan potensi syariah dan produk jasa Bank Kalsel dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Semoga layanan terbaik Bank Kalsel hadir dari kepemimpinan Hanawijaya sebagai Dirut Bank Kalsel,” harapnya.

Selanjutnya, Hanawijaya yang telah resmi menjabat sebagai Direktur Utama Bank Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemegang Saham yang telah mempercayakan dirinya untuk didapuk sebagai pimpinan di bank kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan tersebut.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Seluruh Pemegang Saham yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Bank Kalsel. Ini merupakan amanah yang akan saya
jawab dengan komitmen memberikan yang terbaik bagi kemajuan bank yang kita banggakan. Tentunya saya tidak bisa sendiri, perlu kerjasama dengan seluruh pihak agar visi kita menjadi Bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional dapat tercapai,” ujar Hana. 

Bank Kalsel berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan, sebagaimana tagline Setia Melayani, Melaju Bersama. 

Dengan kepemimpinan baru, Bank Kalsel optimis akan semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan kemajuan masyarakat Kalimantan Selatan.[adv]

Sebagai informasi, berikut disampaikan Curriculum Vitae pejabat dimaksud.

Nama : Hanawijaya
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 3 Desember 1963
Jabatan : Direktur Utama Membawahi Unit Usaha Syariah Bank Kalsel
Pendidikan : Memperoleh gelar Sarjana (S1), Jurusan Ilmu Agribisnis pada Institut Pertanian Bogor (1986) dan; gelar Magister (S2), Jurusan Ilmu Manajemen Internasional pada Universitas Prasetya Mulya (1999)
Perjalanan Karir : Menjabat sebagai Direktur Utama Membawahi Unit Usaha
Syariah Bank Kalsel terhitung efektif tanggal 1 Desember 2021 (Akta RUPS Bank Kalsel Sirkular nomor 25 tahun 2021). 

PERNAH menjabat sebagai Direktur Bisnis Ritel & Unit Usaha Syariah Bank Jateng (2018-2021), Direktur Operasional & Unit Usaha Syariah Bank Jateng (2016-2017), Direktur Pembiayaan Mikro Kecil Bank Syariah Mandiri (2010-2014), Direktur Pembiayaan Konsumen, Komersial Cabang dan Pengembangan Produk Bank Syariah Mandiri (2007-2010), Direktur Kepatuhan, Manajemen Risiko, Produk dan IT Bank Syariah Mandiri (2005-2007).