Pasca Banjir, TNI-Polri Bersihkan Jembatan dari Sampah

UNTUK kembali memulihkan akses jalan penghubung, warga bersama personel TNI-Polri membersihkan jembatan dari tumpukan sampah.| foto : martino

PARINGIN - Musibah banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Balangan cukup mengakibatkan beberapa akses jembatan terhambat.

Setidaknya sampah yang terbawa arus sungai yang meluap saat banjir tertumpuk di jembatan.

Sampah itu kebanyakan bekas potongan pohon bambu dan pohon-pohon tumbang. Jembatan pun menjadi miring karena banyaknya puing-puing sampah yang tertahan.

Untuk itu, Polsek Juai bersama TNI Koramil Juai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, aparat desa dan warga Desa Marias, Kecamatan Juai bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di jembatan, Jumat (3/12/2021) pagi.

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin SIK melalui Kapolsek Juai, Ipda Paisal Kadapi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan secara gabungan ini diikuti juga anggota TNI, personel BPBD Balangan, aparat desa dan masyarakat setempat.

"Salah satu desa yang menjadi sasaran pembersihan ini adalah Desa Marias, RT. 04. Personel gabungan secara bahu membahu membersihkan tumpukan sampah di bawah jembatan yang menghubungkan antar desa," jelasnya.

Menurut Paisal, terkait adanya beberapa desa di wilayahnya yang juga mengalami musibah banjir, pihaknya telah memerintahkan kepada masing-masing anggota Bhabinkamtibmas untuk aktif membantu masyarakat yang terkena musibah.

"Kegiatan gotong royong ini merupakan semangat kebersamaan kami untuk membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak pasca bencana banjir di Juai, dengan harapan meningkatkan kelancaran ekonomi masyarakat," tutupnya.[martino]