Perkuat Pembangunan Daerah, Bank Kalsel Teken 7 MoU dengan Jamkrida Teken

BANJARMASIN – Setelah sebelumnya dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang Penjaminan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Sejahtera beberapa waktu yang lalu, kembali Bank Kalsel dengan Jamkrida Kalsel menandatangani perjanjian kerjasama (PKS). 

Pada kesempatan ini, penandatanganan dilakukan pada 7 (tujuh) PKS sekaligus oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya bersama Direktur Utama Jamkrida Kalsel, Suyatno di Ruang Rapat Lantai 3 Bank Kalsel Kantor Pusat, Selasa (14/12/2021).

Acara penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Operasional dan Komisaris Independen Jamkrida Kalsel, Ariesta Budi dan Syariezal Aufa; Nasrullah dari Biro Ekonomi Pemprov Kalsel yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel serta Head of Business Group Bank Kalsel, Fachrudin.

Adapun mengenai 7 (tujuh) PKS yang ditandatangani yaitu Pertama, Penjaminan Kontra Garansi Bank. Kedua, Modal Kerja Konstruksi/Pengadaan Barang/Jasa. Ketiga, Penjaminan Kredit BPD Peduli dan Kredit Usaha Mikro Banua.

Keempat, Penjaminan Kredit Mikro 
dan Kecil. Kelima, Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Keenam, Penjaminan Kredit Usaha Rakyat Online dan Ketujuh, Penjaminan Kredit Multiguna.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menuturkan selain diharapkan dapat memberikan keuntungan dalam sisi bisnis antar kedua belah pihak, penandatanganan ini juga ditujukan sebagai sinergi antar BUMD untuk mendukung pembangunan daerah Kalimantan Selatan.

"Kerjasama antara Bank Kalsel dengan Jamkrida Kalsel pada hari ini sebagai bentuk peningkatan sinergitas antar BUMD sebagaimana arahan dari Pak Gubernur Kalsel. Diharapkan penandatanganan ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kalsel ke depan sebagaimana dividen yang diberikan untuk Pemerintah Daerah,” papar Hana.

Suyatno menambahkan, kerjasama ini sebagai dukungan penuh Jamkrida Kalsel terhadap produk kredit Bank Kalsel yang semakin berkembang.

“Dengan penandatanganan hari ini, Jamkrida Kalsel telah mampu menjamin semua produk kredit Bank Kalsel khususnya program pembangunan daerah. Kami berharap kerjasama antar keduanya semakin solid di masa yang akan datang,” jelas Suyatno.[adv]