Danrem 102 Kunjungi Jajaran Kodim Buntok

BUNTOK - Danrem 102 Panji Panjung, Brigjen TNI Yudianto Putra Jaya bersama Ketua Persit Koorcabrem 102 Dyah Putra Jaya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kodim 1012 Buntok,  Jumat (17/12/ 20 21).

Kunjungan kerja ini merupakan kegiatan yang selalu dilakukan pejabat Danrem 102 Pjg yang baru dengan tujuan untuk melihat secara langsung kondisi kerja satuan yang ada jajaran Korem setempat.

"Saya melaksanakan kunker ke Kodim 1012 Buntok untuk melihat situasi kondisi wilayah tanggung jawab dari Kodim untuk memberikan arahan," tuturnya.

Arahan ini, terkhusus kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di Kodim. Ini terkait dalam perannya melaksanakan tugas kewilayahan secara cerdas dan profesional.

Menurut pria yang pernah bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kapassus) ini, Babinsa juga bisa mencari pengetahuan dari media dan google sehingga nantinya ilmu itu bisa diterapkan pada wilayah serta tanggung jawab.

"Namanya juga Babinsa ini harus bisa membina desanya, harus dapat menjadi solusi dan bisa menyelesaikan masalah yang ada di desa tanggung jawabnya," terangnya.

Ia menambahkan, seorang Babinsa memiliki tugas dan tanggung jawab tiga desa. Kalau seorang Babinsa tidak mempunyai pengetahuan yang cukup, sulit bagi yang bersangkutan membina desanya.

"Jadi seorang Babinsa ini harus dapat menyampaikan dan memberikan edukasi membina warganya memberi solusi permasalahan yang mendasar di wilayah tanggung jawabnya. Bagaimana acaranya melakukan komunikasi sosial pada masyarakatnya," paparnya.

Tampak hadir dalam acara Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo beserta jajaran, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Waka Polres Barsel, Komando Polisi Militer dan Wakil Bupati Barito Timur dan Kapolres Bartim.[tomi]