Tahun 2021 Dinsos Kapuas Telah Salurkan 16.727 Bansos BPNT Program Kemensos

KEPALA Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Program bantuan sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial RI Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT yang telah tersalurkan di wilayah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada tahun 2021 lalu, total berjumlah 16.727 yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Sampai dengan akhir Desember 2021 tercatat penerima BPNT sebanyak 16.727 KPM yang tersebar di 17 kecamatan dan 214 desa serta 17 kelurahan," kata Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan, Selasa (11/1/2022).

Lanjut Kadinsos, masih di 2021 pihaknya mendapatkan kuota tambahan untuk penerima program BPNT PPKM di masa pandemi Covid-19.

"BNPT PPKM ini total penerimanya di Kabupaten Kapuas sampai dengan tahun 2021 akhir itu sebanyak 13.449 KPM," ujarnya.

Mantan Camat Bataguh ini menuturkan, selama 2021 Dinas Sosial Kabupaten Kapuas telah menjalankan sejumlah program sosial baik itu dari pemerintah pusat maupun daerah.

Ia menyampaikan bahwa tugas umum bidang sosial ini ada tiga bagian besar yaitu bidang rehabilitasi sosial, bidang perlindungan dan jaminan sosial, dan bidang pemberdayaan sosial.

"Secara umum pencapaian kinerja dari semua pelaksanaan tugas berjalan baik. Terbukti program pemerintah pusat maupun daerah yang dilaksanakan Dinsos dapat kita selesaikan di 2021," kata Budi.

Sementara untuk Program Keluarga Harapan (PKH) itu tercatat sebanyak 11.387 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang disalurkan.

"Dengan jumlah anggaran yang disiapkan Kementerian Sosial yang disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera untuk KPM PKH itu sebesar Rp26,8 miliar lebih. Dan sekarang masih berjalan programnya di tahun 2022," jelasnya.

Ke depan, lanjut Budi, pihaknya akan terus melakukan perbaikan atau validasi terhadap KPM berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar semua jenis bansos yang disalurkan tepat sasaran.[tommy]