Pastikan Kesiapan Pemekaran Desa, Komisi I DPRD Tanbu Rakor bersama Camat dan Kades

ANGGARAN desa persiapan disebutkan belum tersedia. Jika desa itu sudah definitif, dinas terkait bisa memberikan kewenangannya atas anggaran desa.| foto : humas

BATULICIN - Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan program kerja tahun 2022 digelar di Ruang Rapat Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Rabu (9/2/2022). Rapat ini untuk menggali kesiapan pemekaran desa.

Rakor yang dipimpin Ketua Komisi I, H Basaluddin Salem ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Camat Batulicin, Camat Simpang Empat, Camat Karang Bintang, Camat Mantewe, Camat Kuranji, Camat Sungai Loban. Juga hadir Kepala Desa persiapan pemekaran.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu menyebut jika anggaran desa persiapan tidak tersedia. Namun jika desa pemekaran tersebut sudah definitif, dinas terkait bisa memberikan kewenangannya atas anggaran desa.

Pada paparan yang disampaikan dinas terkait dan camat serta Kades, menurut Basaluddin adalah merupakan semangat aspirasi masyarakat untuk memekarkan desanya.

Mewakili para Kades yang hadir, Kepala Desa Persiapan Hidayah Makmur, Rudi Hartono mengatakan, ada keinginan masyarakat desa agar dimekarkan. 

"Ini dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan dan menyelesaikan segala permasalahan," jelasnya.

Sementara Camat Satui, Ismail yang juga mewakili camat lain menjelaskan fungsi tugasnya memfasilitasi desa atas segala kelengkapan administrasi untuk dimekarkan.

Kemudian dilanjutkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk diverifikasi. Selain itu, juga agar dilakukan peninjauan ke lapangan dalam uji kelayakan.[joni]