Sempat Disembur, Sopir Damkar Ini berhasil Tangkap Ular Kobra

DEMI tugas, sopir sekaligus petugas Damkar Regu lll ini seakan tak mempedulikan risiko berbahaya.| foto : rahiman

BATULICIN - Tak sekedar memadamkan kobaran api saat musibah kebakaran terjadi, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) juga harus memiliki keahlian dalam menangkap binatang berbahaya. Tak terkecuali dengan ular kobra.

Setidaknya hal ini pernah dialami Rahiman, petugas sekaligus sopir Damkar Regu III di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Untuk menaklukkan ular berbisa itu, Rahimah bahkan sempat mendapat semburan bisanya. Beruntung, Ia sigap hingga berhasil menangkap ular kobra tersebut.

Peristiwa ini sendiri terjadi ketika Damkar dimintai pertolongan lantaran ada ular kobra di sebuah rumah di Komplek Griya Bumi Raya Permai yang berlokasi di kawasan Jalan Raya Serongga Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat.

Menurut Rahiman, Minggu (27/2/2022), peristiwa itu terjadi pada 9 Februari 2022, di mana Tim Regu lll mendapat informasi dari Kabid Damkar agar petugasnya membantu warga yang di rumahnya ada ular kobra.

"Saat itu, saya bersama salah satu tim menuju rumah orang yang perlu bantuan untuk penangkapan ular kobra tersebut," terangnya kepada awak grapena.com.

Kemudian, lanjutnya, sesampainya di perumahan itu, petugas mencek ternyata benar ada ular kobra, tepatnya di bawah lemari kamar pemilik rumah. 

"Untuk mengevakuasi ular tersebut, kami hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan alat penjepit," tuturnya.

Rahiman mengungkapkan, pada waktu 15 menit saat ingin dilakukan penangkapan, ular kobra itu agresif dan sempat menyembur. Beruntung, akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap juga.

"Jadi kami di sini, selain memadamkan kebakaran juga bisa melakukan pertolongan kepada masyarakat, seperti dimintai bantu dalam mengevakusi ular, atau dimintai tolong dalam penanganan serangan tawon dan lainnya," pungkasnya.[joni]